Proses Perawatan Dan Pemeriksaan Pneumatik Pada Lokomotif Cc 201 Di Pt Api Indonesia (Persero) Daop Ix Laporan Praktek Kerja Lapang

Kogoya, Demi (2020) Proses Perawatan Dan Pemeriksaan Pneumatik Pada Lokomotif Cc 201 Di Pt Api Indonesia (Persero) Daop Ix Laporan Praktek Kerja Lapang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
04. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (573kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (285kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (179kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42162080_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Proses Perawatan Dan Pemeriksaan Sistem Pneumatik Pada Lokomotif CC 201 di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IX Jember, Demi Kogoya, NIM H42162080, Tahun 2020, Mesin Otomotif, Politeknik Negeri Jember, Ir. Dwi Djoko Suranto, MT (Pembimbing) Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan mahasiswa untuk belajar secara langsung pada perusahaan/ instansi/ industri dan unit bisnis lainnya, yang diharapkan dapat menjadi wahana penumbuhan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Praktek Kerja Lapang ini merupakan kegiatan Akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Politeknik Negeri Jember, khususnya Program Studi Mesin Otomotif Jurusan Teknik. Kegiatan Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IX Jember selama 3 bulan, mulai dari bulan Februari sampai dengan bulan April 2020. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mempelajari dan mempraktekkan bagaimana cara perawatan dan pemeriksaan sistem pneumatik pada lokomotif CC 201. Perawatan dan pemeriksaan sistem pneumatik pada lokomotif CC 201 merupakan suatu aktivitas yang diperlukan untuk menjaga atau mempertahankan kualitas sistem pneumatik agar tetap dapat berfungsi dengan baik seperti kondisi sebelumnya. Tindakan perawatan dan pemeriksaan pada sistem pneumatik ini dilakukan secara rutin. Sistem pneumatik berfungsi untuk menunjang pelayanan pengereman dan menggerakkan kontraktor. Sistem pneumatik yang digunakan pada lokomotif adalah kompresor. Kompresor adalah mesin atau alat berfungsi untuk meningkatkan tekanan gas atau udara. Cara kerja kompresor lokomotif CC 201 adalah kompresor menghasilkan tekanan pneumatik kemudian disaring atau dipisahkan dari air kondentasidi Water zaak (oil separator) selanjutnya masuk ke dalam tangki induk melalui check valve, kemudian tekanan pneumatik dari tangki induk, dipergunakan untuk peralatan – peralatan pneumatik antara lain. Peralatan udara control Peralatan Pneumatik Pengereman Peralatan suling dan Penghapus kaca Alat-alat Pengaman Pengatur Kompresor Sistem pneumatik merupakan bagian komponen yang terdapat pada motor diesel. Sistem pneumatik berfungsi untuk menunjang pelayanan pengereman dan menggerakkan kontraktor. Sistem Pneumatik yang digunakan pada lokomotif adalah kompresor. Berikut ini merupakan nama komponen dari golongan pneumatik pada lokomotif Pada lokomotif CC 201 .Pipa pengereman (brake pipe) automatic brake independent brake p2a aplication valve ji relay valve reducer valve selang air brake plug kran adv kompresor tangki induk tangki pelayanan wiper membran.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuranto, Dwi DjokoNIDN0023066107
Uncontrolled Keywords: Proses Perawatan, Pemeriksaan Pneumatik
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Demi Kogoya
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:40
Last Modified: 17 Feb 2021 06:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/2516

Actions (login required)

View Item View Item