Wulandari, Sintya Dwi (2023) Analisis Usaha Klepon Ubi Ungu di Desa Kedungkembar Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (10kB) |
|
Text (BAB1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (266kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (263kB) |
|
Text (LAPORAN LENGKAP)
D31200444_SINTYA DWI WULANDARi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Klepon ubi ungu merupakan jenis makanan tradisional dengan bahan baku ubi ungu yang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan tepung ketan. Olahan produk berbahan dasar ubi ungu masih jarang ditemukan, sehingga penambahan ubi ungu dalam adonan klepon dapat menambah variasi produk serta menambah nilai ekonomis dari ubi ungu. Tugas akhir ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai dari tanggal 30 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 30 November 2022 bertempat di Desa Kedungkembar Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini adalah untuk melaksanakan proses produksi, menganalisis usaha dan melakukan proses pemasaran. Metode analisis yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio dan ROI. Jenis saluran distribusi yang digunakan adalah distribusi secara langsung. Pelaksanaan kegiatan produksi klepon ubi ungu dilakukan sebanyak 5 kali. Satu kali produksi membutuhkan waktu 2,5 jam dengan jumlah tenaga kerja satu orang dan menghasilkan 22 kemasan dengan netto 250 gram dan berisi 12 butir klepon ubi ungu. Dalam satu kali proses produksi klepon ubi ungu dapat memperoleh laba sebesar Rp 86.108,31. Hasil perhitungan analisis usaha menghasilkan BEP (Produksi) 14,82 kemasan dari total produksi sebanyak 22 kemasan dan BEP (Harga) Rp 8.085,98 per kemasan dengan harga jual produk Rp 12.000 per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,48 dan ROI sebesar 12,51%. Berdasarkan ketiga metode analisis tersebut maka produk klepon ubi ungu menguntungkan dan layak diusahakan. Pemasaran klepon ubi ungu menggunakan strategi pemasaran 4P yaitu menghasilkan produk klepon ubi ungu dengan harga Rp 12.000 yang didistribusikan secara langsung serta menggunakan metode promosi personal selling dan periklanan melalui media sosial yaitu WhatsApp dan Instagram. Kata kunci : Analisis Usaha, Klepon, Ubi Ungu
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Klepon, Ubi Ungu | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Sintya Dwi Wulandari | ||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:52 | ||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:53 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25135 |
Actions (login required)
View Item |