Analisis Efektivitas Sistem Irigasi Tetes (Drip Irrigation) Terhadap Tanaman Melon Golden Langkawi (Cucumis Melo L.) Di Upt Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura Lebo - Sidoarjo

Khorimah, Siti (2023) Analisis Efektivitas Sistem Irigasi Tetes (Drip Irrigation) Terhadap Tanaman Melon Golden Langkawi (Cucumis Melo L.) Di Upt Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura Lebo - Sidoarjo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (390kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (333kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (200kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
laporan magang the last_khori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Magang Irigasi tetes merupakan cara pemberian air secara langsung pada tanaman menggunakan alat tetes bernama emitter. Irigasi ini bisa dilakukan di permukaan tanah maupun di dalam tanah dan bertujuan untuk memanfaatkan air yang ada dalam jumlah terbatas. Pengairannya sendiri melalui tetesan secara terus-menerus pada tanah yang ada di dekat tumbuhan. Sistem irigasi ini sangat cocok untuk tanah yang tidak terlalu kering. Pengairannya juga bisa bervariatif tergantung besarnya debit keluaran dan interval, kelembaban tanah, permeabilitas tanah, serta struktur dan tekstur tanah. Pelaksanaan kegiatan magang ini dilakukan selama 4 bulan, yaitu dari bulan Maret – Juni 2023. Adapun tujuan dari laporan magang ini terkait efektivias sistem irigasi tetes (Drip Irrigation) pada tanaman Melon Golden Langkawi. Adapun pendekatan pengerjaan laporan magang ini menggunakan data primer dan sekunder, dimana data yang didapat yaitu melalui analisa langsung dilapangan, juga melalui bantuan penelitian terdahulu. Analisa efektivitas penggunaan irigasi tetes pada tanaman Melon Golden Langkawi memang sudah terbukti sangat membantu dalam proses budidaya tanaman dalam jumlah yang sangat banyak. Adapun keunggulan dari penggunaan pengairan menggunkan sistem irigasi tetes (Drip Irrigation) adalah hemat tenaga kerja, menghemat air, mengurangi pengeluaran anggaran di setiap masa tanam,dan mengurangi kelembapan. Jumlah pengeluaran untuk modal awal pemasangan Irigasi Tetes (Drip Irrigation) mencapai biaya sebesar Rp 36.505.200,- nominal biaya yang dikeluarkan memang sangat besar, tapi hal ini sangat sebanding dengan pendapat yang didapatkan per musim panen dari budidaya tanaman Melon Golden Langkawi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSutantio, R AlamsyahNIDN0002026802
Uncontrolled Keywords: Analisis Efektivitas Sistem Irigasi Tetes (Drip Irrigation) Terhadap Tanaman Melon Golden Langkawi (Cucumis Melo L.)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Siti Khorimah
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:30
Last Modified: 17 Jul 2023 07:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25124

Actions (login required)

View Item View Item