Desain Sistem Internet of Things (IoT) pada Konsep Rancang Bangun Smart Home Base

Haq, Muhammad Rofiul (2023) Desain Sistem Internet of Things (IoT) pada Konsep Rancang Bangun Smart Home Base. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (47kB)
[img] Text (1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan TA Penghargaan_Muhammad Rofiul Haq.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Batubara merupakan sumber energi listrik terbesar di Indonesia. Namun batubara juga merupakan sumber emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim. Oleh karena itu, sumber energi terbarukan merupakan alternatif terbaik, salah satunya yaitu energi surya. Hal ini selaras dengan inovasi Smart Home Base konsep perumahan yang mandiri energi, hemat, dan ramah lingkungan dengan memanfaatkan sistem panel surya hybrid dengan thermoelectric generator, biogas, yang berbasis Internet of Things (IoT). Desain Sistem IoT Smart Home Base merupakan kegiatan merancang sistem IoT mulai dari komponen dan sirkuit yang disesuaikan dengan rancangan beban elektrikal rumah pada konsep Smart Home Base. Komponen utama IoT Smart Home Base meliputi Arduino UNO,-ethernet shield, PZEM-004T, dan relay. Sistem monitoring output keluaran sistem panel surya hybrid memanfaatkan modul PZEM-004T untuk mengukur tegangan, arus, daya, dan energi output sistem panel surya serta untuk kebutuhan elektrikal rumah. Kebutuhan beban elektrikal meliputi 7 buah lampu, kipas angin, kulkas, mesin cuci, pompa air, rice cooker, setrika dan TV. Masing-masing beban elektronik ditambahkan relay sebagai kendali jarak jauh yang kesemuanya dintegrasikan dengan ethernet shield yang dimanfaatkan sebagai penghubung antara server dengan gawai. Sistem Internet IoT pada konsep Smart Home Base sangat diperlukan untuk memonitoring dan kendali jarak jauh beban elektrikal rumah. Melalui inovasi sistem IoT pada Smart Home Base dapat mempermudah penghematan energi, meningkatkan keamanan, memberikan kenyamanan, dan efisiensi kontrol peralatan rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPrasetyo, Dafit AriNIDN0027049001
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 455 - Teknik Kendali (atau Instrumentasi dan Kontrol)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Rofiul Haq
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:17
Last Modified: 18 Jul 2023 09:18
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25109

Actions (login required)

View Item View Item