Pemanfaatan Teknologi Auto Failover Recursive Gateway Dan Load Balancing Dalam Pengontrolan Manajemen Bandwidth RT/RW Net Bungatan

Oktavia, Arinid Diana (2023) Pemanfaatan Teknologi Auto Failover Recursive Gateway Dan Load Balancing Dalam Pengontrolan Manajemen Bandwidth RT/RW Net Bungatan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (49kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Auto Failover Recursive Gateway Dan Load Balancing Dalam Pengontrolan Manajemen Bandwidth RT/RW Net Bungatan, Arinid Diana Oktavia, NIM. E32201226, Tahun 2023, Teknik Komputer, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, I Gede Wiryawan,S.Kom., M.Kom.(Pembimbing). Load Balancing adalah sebuah proses penyeimbangan beban trafik, pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan secara optimal, dengan adanya memperkecil waktu tanggap dan menghindari adanya overload pada salah satu jalur koneksi. (Muzayyin & Fitrani, 2022). Ketika banyak permintaan dari pengguna, server akan terbebani maka dari itu solusinya dengan membagi bagi beban jadi tidak akan terpusat ke satu perangkat jaringan saja. Penulis bertujuan untuk membuat load balance dalam menggunakan internet dengan metode PCC (Per Connection Classifier) yang nantinya akan dimplementaskan melalui konfigurasi melalui mikrotik. Dilengkapi juga dengan kombinasi dari failover recursive gateway yang akan membantu admin untuk menstabilkan layanan internet dengan baik. Jika salah satu ISP mengalami kendala hingga down maka secara otomatis ISP lainnya akan sebagai backup dan melanjutkan jaringan internet tanpa terputus atau tidak perlu lagi setting konfigurasi seperti metode nth dan static route yang harus memberikan perpindahan ISP melalui konfigurasi manual. Serta melimitasi bandwidth bagi setiap pengguna untuk dapat tersebar dengan bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan bagi semua para klien. Kemudian penulis melengkapi dengan memonitoring melalui aplikasi dude dan bot dari aplikasi telegram untuk memberikan notifikasi pada admin sehingga seorang admin jaringan dapat mengetahui kondisi layanan akses internetnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiryawan, I GedeNIDN0017018808
Uncontrolled Keywords: loadbalancing,pcc,failoverrecursivegateway,bandwidth,isp,mikrotik,winbox,thedude,speedtest.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > Tugas Akhir
Depositing User: Arinid Diana Oktavia
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:24
Last Modified: 14 Jul 2023 03:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24977

Actions (login required)

View Item View Item