Evaluasi Desain Label Dan Pemetaan Ruang Penyimpanan Rekam Medis Menggunakan Metode Focus Pdca Di Rsup Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar

Halila, Dian Nurul (2023) Evaluasi Desain Label Dan Pemetaan Ruang Penyimpanan Rekam Medis Menggunakan Metode Focus Pdca Di Rsup Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (125kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (228kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (222kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL 3_ Lap Individu_Dian Nurul Halila_G41192389.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

EVALUASI DESAIN LABEL DAN PEMETAAN RUANG PENYIMPANAN REKAM MEDIS MENGGUNAKAN METODE FOCUS PDCA DI RSUP PROF. dr. I.G.N.G NGOERAH DENPASAR, Dian Nurul Halila NIM G41192389, Tahun 2023, 148 hlm, Manajemen Informasi Kesehatan, Politeknik Negeri Jember, Andri Permana Wicaksono, S.ST., M.T (Pembimbing 1), Atma Deharja, S.KM., M.Kes (Pembimbing 2), dan Ni Ketut Juniati, S.MIK (Pembimbing 3). Sistem penyimpanan dokumen rekam medis merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pemberian pelayanan di rumah sakit (Wijianto., 2022). Sistem penyimpanan dokumen rekam medis memberikan ketersediaan data tentang segala pelayanan yang telah diberikan kepada pasien. Oleh karena itu penyimpanan dokumen rekam medis harus dikelola dengan baik untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien. Pelaksanaan penggunaan penanda pada rak rekam medis berupa label nomor dan label nama ruang penyimpanan rekam medis serta penggunaan pemetaan atau denah di Instalasi Rekam Medis RSUP Prof. dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar masih belum optimal. Berdasarkan observasi dilakukan pada 6 Maret – 10 Maret 2023 didapatkan kejadian missfile sebanyak 63 (21%) kejadian dari 300 rekam medis yang dilakukan pencarian, hal tersebut dapat menyebabkan petugas melakukan pencarian pada nomor rak lain yang memungkinkan salah meletakkan dokumen rekam medi, sehingga proses pelayanan pasien lebih lama, hal ini bisa disebabkan karena informasi penanda yaitu label nomor pada rak penyimpanan rekam medis belum diperbarui. Metode penelitian dalam penelitian ini terdiri dari tahap find, organized, clarify, understand, select, plan, do, check, dan action. Metode penelitian tersebut digunakan dalam menyelesaikan masalah terkait upaya untuk mengevaluasi desain label dan pemetaan ruang penyimpanan ruang rekam medis di RSUP Prof. dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar. Solusi yang dipilih untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan melakukan proses pendesainan media informasi berupa label nomor untuk rak viii penyimpanan, label nama ruangan untuk penyimpanan rekam medis, pemetaan berupa denah dan tabulasi data lokasi penyimpanan rekam medis, melakukan proses penempelan media informasi, dan melakukan sosialisasi terkait media informasi yang telah ditempel. Hasil yang diharapkan yaitu petugas mudah melakukan pencarian dan penyimpanan, serta penurunan angka kejadian missfile.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWicaksono, Andri PermanaNIDN0005038702
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Desain Label Dan Pemetaan Ruang Penyimpanan Rekam Medis Menggunakan Metode Focus Pdca
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Dian Nurul Halila
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:58
Last Modified: 14 Jul 2023 03:59
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24959

Actions (login required)

View Item View Item