Pembuatan Bakpia dengan Substitusi Tepung Daun Kelor (Moringa oleifera) di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur

Damayanti, Rosita Rahma (2022) Pembuatan Bakpia dengan Substitusi Tepung Daun Kelor (Moringa oleifera) di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
PKL_Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1_PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (625kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus_PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (325kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT_PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang merupakan kegiatan untuk menambah wawasan atau pemahaman dan pengetahuan mahasiswa di dalam dunia kerja yang sesungguhnya, dan juga mempelajari hubungan teori dan praktik kerja dalam suatu industri,meningkatkan wawasan terhadap pengembangan diri, dan melatih keterampilan dan pengalaman kerja terkait dengan bidang usaha yang dilakukan di tempat magang. Magang dilaksanakan pada tanggal 29 September hingga 31 Desember 2022 di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur, Jl. Raya Karang Ploso No.Km. 4, Turi Rejo, Kepiharjo, Kec.Karangploso, Kab. Malang, Jawa Timur. Proses produksi yang dilakukan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian meliputi beberapa tahapan yaitu sortasi untuk mendapatkan bahan dengan kualitas yang baik, pembersihan, penimbangan, pengolahan sesuai produk yang akan dibuat, serta pengemasan terhadap produk yang sudah jadi. Pembuatan Bakpia Dengan Substitusi Tepung Daun Kelor pada ketiga perlakuan didapatkan hasil rata-rata uji hedonik pada kode 225 parameter warna sebesar 3.73, rasa sebesar 4, aroma sebesar 3.37, dan tekstur sebesar 3.53. Hasil rata-rata uji hedonik pada kode 300 parameter warna sebesar 3.6, rasa sebesar 3.7, aroma sebesar 3.13, dan tekstur sebesar 3.43. Hasil rata-rata uji hedonik pada kode 375 parameter warna sebesar 2.83, rasa sebesar 3.47, aroma sebesar 3.17, dan tekstur sebesar 3.37. Pada ketiga perlakuan didapatkan hasil bahwa kode 225 merupakan perlakuan terbaik dengan penambahan tepung daun kelor sebesar 6% yang ditunjukan pada parameter warna, tekstur, aroma, dan rasa.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorApriliyanti, Mulia WinirsyaNIDN0010048804
Uncontrolled Keywords: Bakpia, Daun Kelor (Moringa oleifera)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Rosita Rahma Damayanti
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:03
Last Modified: 20 Jul 2023 01:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24880

Actions (login required)

View Item View Item