Riswanti, Rahma Romadona Ayu (2023) Media Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Melalui Game Edukasi Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SMA Kelas X Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringksan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (65kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (88kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Tugas Akhir.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (138kB) |
Abstract
Media Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Melalui Game Edukasi Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SMA Kelas X Berbasis Android, Rahma Romadona Ayu Riswanti, NIM E31201794, Tahun 2023, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Syamsul Arifin, S.Kom, M.Cs (Dosen Pembimbing). Literasi sains adalah kemampuan untuk memahami konsep, proses, dan memanfaatkan sains untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan seharihari. Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia secara umum disebabkan oleh faktor internal siswa seperti motivasi diri untuk belajar dan faktor eksternal seperti praktik pengajaran guru. Kimia merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan alam yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga penting untuk dipelajari, khususnya siswa SMA karena mata pelajaran kimia baru saja diajarkan pada saat jenjang pendidikan SMA. Akan tetapi, kimia merupakan mata pelajaran yang masih kurang diminati karena terlalu banyak menggunakan rumus dan materinya banyak mengandung konsep-konsep abstrak sehingga membutuhkan hafalan. Berdasarkan permasalahan yang ada, penulis mengembangkan sebuah sebuah metode pembelajaran kimia khususnya materi sistem periodik unsur dengan membuat aplikasi yang berjudul “Media Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Melalui Game Edukasi Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SMA Kelas X Berbasis Android”. Aplikasi ini menampilkan media pembelajaran dalam bentuk “games” yang dibangun menggunakan metode ADDIE menggunakan Construct 2. Fitur utama yang ada di aplikasi ini adalah permainan yang dapat menunjang pembelajaran siswa pada materi unsur kimia. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis android ini, diharapkan agar siswa dapat mempelajari sistem periodik unsur dengan lebih mudah dan menyenangkan, sehingga memberikan suasana yang berbeda dalam pembelajaran di kelas. Aplikasi ini juga diharapkan dapat membantu memudahkan siswa dalam mempelajari tiap-tiap tahap proses pembelajaran dengan metode yang tidak membosankan sehingga literasi sains di Indonesia dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains, Kimia, Sistem Periodik Unsur, Media Pembelajaran, Game Edukasi, Construct, Android | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Rahma Romadona Ayu Riswanti | ||||||
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:23 | ||||||
Last Modified: | 13 Jul 2023 04:26 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24827 |
Actions (login required)
View Item |