Analisa Pengaruh Pemanas Listrik Tambahan (Electric Heater) Terhadap Tangki Solar Water Heater ST180LN Di PT. Wijaya Karya Industri Energi

Syaifullah, Moh. Faris (2023) Analisa Pengaruh Pemanas Listrik Tambahan (Electric Heater) Terhadap Tangki Solar Water Heater ST180LN Di PT. Wijaya Karya Industri Energi. [Experiment] (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan Lap Magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (291kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporang Lengkap Magang Faris.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan Magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (309kB)

Abstract

Solar water heater (SWH) merupakan salah satu bentuk alat pemanfaatan energi matahari. Solar water heater sendiri singkatnya ialah pemanas air yang menggunakan tenaga atau sinar matahari sebagai sumber energi untuk memanaskan air. SWH ini juga umumnya terdapat komponen pemanas listrik tambahan (electric heater) yang digunakan ketika hasil sumber matahari kurang maksimal. Produk berbasis solar water heater di PT. Wijaya Karya Industri Energi disebut WIKA WH. Salah satu produk baru SWH yang baru saja dilauncing oleh PT. Wijaya Karya Industri Energi adalah tipe ST180LN, maka dari itu dilakukanlah pengujian ini guna diketahui layak atau tidak diperjualbelikan ke konsumen. Pengujian ini bertujuan untuk menentukan kemampuan sistem pemanas air tambahan (electric heater) dalam menghasilkan air panas dan respon yang dihasilkan thermostat untuk pengaturan temperatur air dalam tangki penyimpanannya, juga untuk mengetahui efisiensi electric heater, daya yang diberikan oleh electric heater dan heatloss yang terjadi pada tangki ST180LN. Berdasarkan hasil pengujian diketahui hasil kemampuan sistem pemanas air tambahan (electric heater) menggunakan set point 55⁰C dalam menghasilkan air panas maksimum mencapai 52,7⁰C. Respon yang dihasilkan thermostat untuk pengaturan temperatur air dalam tangki penyimpannya diperoleh ada Tset 1.65oC lalu pada titik itu, thermostat menghentikan operasi pemanas tambahan. Perhitungan berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan faktor rugi-rugi panas dalam tangki sebesar 1,61W/m2.K. Efisiensi electric heater menunjukkan hasil 72,43%. Angka ini menyatakan bahwa unit yang diuji memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Indonesia (SNI). Hasil pengujian menunjukkan daya yang diberikan oleh electric heater sebesar 987,36W dan heatloss tangki sebesar 7,94oC. Hasil pengujian ini juga dipengaruhi oleh faktor cuaca yang berubah-ubah.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPrasetyo, Dafit AriNIDN0027049001
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 451 - Teknik Elektro
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 452 - Teknik Tenaga Elektrik
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Moh. Faris Syaifullah
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:34
Last Modified: 12 Jul 2023 02:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24796

Actions (login required)

View Item View Item