APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Syah Putra, Firman Abdi (2023) APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
1. E41192233 Firman Abdi Syah Putra - Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. E41192233 Firman Abdi Syah Putra - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. E41192233 Firman Abdi Syah Putra - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (18kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. E41192233 Firman Abdi Syah Putra - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (81kB)

Abstract

Setiap daerah yang ada di inodnesia memiliki keanekaragaman yang luas, salah satunya yaitu alat musik tradisional, disetiap daerah memiliki alat musik khasnya sendiri, seperti provinsi papua memiliki alat musik yang bernama Tifa. Dengan banyaknya budaya yang dimiliki, maka kita sebagai masyarakat indonesia seharusnya melestarikan budaya tersebut dari ketertarikan dari budaya luar atau diklaim oleh negeri lain. Salah satunya dengan cara mengenalkan alat musik tradisional sejak dini melalui sekolah terutamanya Taman Kanak-kanak. Permasalahan yang terjadi pada sekolah TK yaitu susahnya mengenalkan alat musik karena keterbatasannya informasi karena hanya melalui media buku dan hal tersebut tentunya kurang interaktif bagi anak usia dini. Dengan memanfaatkan media Augmented Reality berbasis android yang dipadukan dengan objek Animasi 3D serta tambahan teks dan suara dapat membantu daya tarik belajar anak terhadap pengenalan alat musik tradisional. Metode pengembangan pada penelitian ini dimulai dari identifikasi masalah, studi literatur, survei, pengembangan sistem dan analisa hasil. Untuk metode perancangan sistem yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Multimedia Development Life Cycle yang tahapannya konsep, desain, pengumpulan material, pembuatan, pengujian dan pendistribusian. Hasil dari pengujian aplikasi ini menggunakan dua tahap yaitu user acceptance testing menghasilkan nilai 86,8% ,dan pengujian blacbox yang menghasilkan bahwa fitur pada aplikasi berjalan sesuai dengan yang diharapakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArifianto, Aji SetoNIDN0028118502
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Pengenalan Alat Musik Tradisional Indonesia, 3 Dimensi, Vuforia, Based Marker, Metode MDLC
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Firman Abdi Syah Putra
Date Deposited: 11 Jul 2023 11:36
Last Modified: 11 Jul 2023 11:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24604

Actions (login required)

View Item View Item