Implementasi Proses Sortasi, Pengepakan, Dan Pengemasan Karet Rss (Ribbed Smoked Sheet) Di Pabrik Pengolahan Karet Ptpn Xii Kebun Renteng Kabupaten Jember

Utami, Diah Binti (2023) Implementasi Proses Sortasi, Pengepakan, Dan Pengemasan Karet Rss (Ribbed Smoked Sheet) Di Pabrik Pengolahan Karet Ptpn Xii Kebun Renteng Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (176kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41191227_LAPORAN MAGANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang merupakan kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan setiap Mahasiswa Politeknik Negeri Jember, khususnya Program Studi Manajemen Agroindustri pada semester VII dengan jam kerja yang telah ditentukan yaitu minimal 900 jam atau setara dengan 20 SKS yang terbagi atas pembekalan 100 jam, pelaksanaan magang 740 jam, dan bimbingan penyusunan laporan magang serta evaluasi magang 100 jam. Magang merupakan prasyarat mutlak kelulusan yang wajib diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jember. Magang ini bertujuan untuk menjembatani mahasiswa menekuni keterampilan dalam dunia kerja maupun berwirausaha. Adapun lokasi pelaksanaan kegiatan magang ini dilakukan di PTPN XII Kebun Renteng yang berada di Desa Mangaran Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. PTPN XII Kebun Renteng melakukan proses atau pengolahan karet mulai dari penerimaan lateks sampai distribusi. Implementasi proses sortasi, pengepakan, dan pengemasan adalah bagian dari proses pengolahan karet. Proses sortasi sheet karet sendiri merupakan kegiatan penyortiran benda-benda asing, jamur/kotoran dan gelembung/lembaran belum matang yang terdapat pada lembaran RSS (Ribbed Smoked Sheet). Proses lanjutan dari sortasi yaitu pengepakan, rangkaian kegiatan pengepakan diawali dengan penimbangan sheet sesuai mutu, kemudian sheet disusun dengan menggunakan metal box. Setelah itu berlanjut pada proses pengemasan yang dilakukan untuk menjaga kualitas sheet agar tetap baik hingga sampai ke konsumen. Berdasarkan praktik magang yang dilaksanakan di PTPN XII Kebun Renteng dapat disimpulkan bahwa implementasi proses sortasi, pengepakan, dan pengemasan karet terdapat beberapa masalah yang terjadi seperti lembaran sheet viii berlubang besar, sheet terkontaminasi kotoran/debu/benda asing, mutu RSS 1 masuk ke RSS 2, pengepakan yang kurang rapi sehingga membuat hasil akhir tidak berbentuk sempurna. (Jurusan Manajemen Agribisnis, Program Studi D-IV Manajemen Agroindustri, Politeknik Negeri Jember).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIsmail, Andi MuhammadNIDN0002038903
Uncontrolled Keywords: Implementasi Proses Sortasi, Pengepakan, Dan Pengemasan Karet Rss (Ribbed Smoked Sheet)
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Diah Binti Utami
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:15
Last Modified: 07 Jul 2023 03:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24562

Actions (login required)

View Item View Item