Resiko Kegagalan Proses Pelapisan Komponen Mesin Sangrai Kopi Dengan Metode Root Cause Problem Solving Di PT. Manufactur Dynamic Indonesia

Prima, Rizki Maulana (2022) Resiko Kegagalan Proses Pelapisan Komponen Mesin Sangrai Kopi Dengan Metode Root Cause Problem Solving Di PT. Manufactur Dynamic Indonesia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (32kB)
[img] Text (Bab1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (170kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (53kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan PKL Rizki Maulana Prima bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Powder coating adalah teknik pengecatan kering dengan suatu film bubuk digunakan untuk lapisan tipis yang dipanaskan di dalam oven bersuhu tinggi. Komponen akan dilakukan pengecatan powder coating akan melewati proses pendempulan untuk meratakan permukaan yang nantinya akan di dapatkan hasil yang sempurna. Benda yang akan diproses dengan metode powder coating sebelumnya dibersihkan untuk mengurangi kegagalan dalam proses pelapisan (coating). Powder coating yang di berikan muatan elektrostatik di semprotkan pada object atau komponen. Tujuan membuat SOP adalah memastikan bahwa anda memiliki sistem dan proses kualitas yang terstruktur, karyawan yang berkualitas, dan budaya perusahaan yang memotivasi setiap individu. Produksi adalah proses pembuatan komponen-komponen mesin yang nantinya akan dilapisi cat, yang dimana dalam proses pengecatan (powder coating) ada beberapa komponen mesin yang nantinya akan di lakukan menutup bagian komponen yang berlubang bekas sambungan las menggunakan dempul. Pekerja bagian pengecatan menyiapkan alat dan bahan, pengambilan alat dan bahan di gudang karyawan mengisi data form pengeluaran alat dan bahan. Komponen yang masuk proses pengecatan harus lengkap. Alat dan bahan yang diperlukan dempul, amplas, gerinda, cat bubuk dan cat cair, kompresor. Keselamatan dan Kesehatan Kerja diterapkan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja serta mencegah kecelakaan saat kerja dibidang pengecatan. Alat keselamatan yang digunakan saat pengecatan seperti masker, sarung tangan, pelindung badan atau wearpack. Dalam melakukan proses produksi penulis menggunakan metode Root Cause Problem Solving (RCPS), Dengan metode ini kami dapat mengetahui penyebab permasalahan dan meminimalisir permasalahan dalam proses produksi komponen mesin coffee roaster. Dalam metodi ini kami membahas pokok permasalahan di bidang mesin bubut dan mesin milling diantaranya adalah kegagalan produk dan keterlambatan waktu produksi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIrawan, AndikNIDN0011088402
Uncontrolled Keywords: Powder coating, Pelapisan komponen mesin sangrai kopi,Root cause problem solving
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Rizki Maulana Prima
Date Deposited: 18 Oct 2023 00:50
Last Modified: 18 Oct 2023 00:51
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24525

Actions (login required)

View Item View Item