Proses Pengeringan Biji Kopi Robusta Menggunakan Mesin Mason Dryer Di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang

Nofianti, Putri Dinda Diyah Ayu (2023) Proses Pengeringan Biji Kopi Robusta Menggunakan Mesin Mason Dryer Di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengeringan Biji Kopi Robusta Menggunakan Mesin Mason Dryer Di Perumda Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang, Putri Dinda Diyah Ayu Nofianti Nim D41190375, Tahun 2023, 57 hlm., Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember, ibu Dyah Kusuma Wardani,S.ST,MM (Dosen Pembimbing). Magang merupakan salah satu program yang tercantum dalam kurikulum Politeknik Negeri Jember sebagai salah satu persyaratan kelulusan bagi mahasiswa. Kegiatan magang dilaksanakan di Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang yang bertempat di Jalan Tancak No. 8, Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Tujuan dari kegiatan magang yaitu menjelaskan dan menerapkan proses pengeringan kopi menggunakan mason dryer dan mengidentifikasi permasalahan dan memberikan solusi terkait permasalahan yang muncul pada proses pengeringan kopi menggunakan mason dryer di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember Kebun Gunung Pasang. Serangkaian kegiatan yang dilakukan selama magang yaitu budidaya tanaman kopi pengolahan biji kopi gelondong, pengolahan kopi dalam kemasan sampai pemasaran. Proses pengeringan adalah metode yang digunakan untuk menghilangkan sebagian kandungan air menggunakan mesin mason dryer. Mason dryer berproses maksimal selama 18 jam dan akan di berhentikan apabila kadar air telah mencapai 11,5% -12%. Permasalahan pada proses pengeringan yaitu kegosongan pada biji kopi yang disebabkan kurangnya fokus pekerja, kebocoran kalor pada mesin , stock bahan baku yang sedikit dan ketidaksuaian pengaturan suhu pada proses pengeringan. Solusi dari permasalahan yaitu dengan melakukan pengecekaan setiap jam perjalanan mason agar kadar air pada mason tetap terjaga, melakukan perawatan rutin pada mesin agar tidak terjadi kerusakan, melakukan pengawasan terhadap vi kinerja dalam pengaturan suhu serta stock bahan baku pada proses pengeringan, melakukan proses pengeringan sesuai dengan SOP perusahan agar output biji kopi sesuai dengan perencanaan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardani, Dyah KusumaNIDN0007078706
Uncontrolled Keywords: Proses Pengeringan Biji Kopi Robusta Menggunakan Mesin Mason Dryer
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Putri Dinda Diyah Ayu Nofianti
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:15
Last Modified: 25 Jul 2023 07:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24278

Actions (login required)

View Item View Item