EFEKTIVITAS PEMBERIAN PAKAN KOSENTRAT TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN HARIAN (PBBH) CEMPE JANTAN SAPERA LEPAS SAPIH DI UD SADAR MUDA FARM BLITAR

Zamzamulloh, Moh. Sufi (2023) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PAKAN KOSENTRAT TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN HARIAN (PBBH) CEMPE JANTAN SAPERA LEPAS SAPIH DI UD SADAR MUDA FARM BLITAR. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan lengkap tanpa lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pakan ternak adalah salah satu faktor yang penting dalam suatu usaha peternakan. Pakan ternak yang diberikan pada ternak ruminansia umumnya adalah pakan hijauan. Sering berjalannya waktu, lahan pertanian yang semakin sempit menyebabkan ketersediaan pakan hijauan semakin terbatas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan pemberian pakan alternatif berupa konsentrat. Selain digunakan sebagai pakan alternatif, pakan konsentrat pakan konsentrat juga berfungsi sebagai pakan pelengkap, karena merupakan sumber protein dan energi yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pada cempe berupa pertambahan bobot badan harian (PBBH). Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai efektivitas pemberian pakan konsentrat terhadap pertambahan bobot badan harian (PBBH) cempe lepas sapih. Penelitian ini dilaksanakan di UD. Sadar Muda Farm yang beralamatkan di Dusun Lingkungan Jajar, Desa Kanigoro, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 6 September sampai 18 Oktober 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari efektivitas pemberian pakan konsentrat terhadap pertambahan bobot badan harian cempe lepas sapih. Metode pelaksanaan menggunakan data primer dengan melakukan penimbangan bobot badan ternak, melakukan penimbangan pemberian pakan, dan sisa pakan. Dari hasil dari penelitian ini bahwa dengan konsumsi pakan 417 g/ekor/hari dapat menghasilkan pertambahan bobot badan harian 70 g/ekor/hari dan nilai FCR sebesar 5,9. Berdasarkan hasil tersebut, dengan pemberian pakan konsentrat sebagai pakan alternatif efektf terhadap pertambahan bobot badan harian pada cempe lepas sapih, namun memiliki tingkat konsumsi pakan yang masih rendah. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya memberikan bahan pakan yang memiliki tingkat palatabilitas tinggi agar dapat meningkatkan konsumsi pakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIDN0003017805
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konsentrat, PBBH, Cempe Lepas Sapih.
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Moh. Sufi Zamzamulloh
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:26
Last Modified: 15 Jun 2023 02:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24044

Actions (login required)

View Item View Item