Perancangan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) Pada Proses Produksi Susu Pasteurisasi Di CV Milkindo Berka Abadi Malang

Amalia, Khulfiatul Rifky (2023) Perancangan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) Pada Proses Produksi Susu Pasteurisasi Di CV Milkindo Berka Abadi Malang. Undergraduate thesis, Politkenik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluuan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (315kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (420kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Susu merupakan salah satu komoditas agroindustri yang rentan akan pertumbuhan mikroorganisme. Salah satu metode yang dilakukan untuk mengatasi kelemahan susu dalam hal masa simpan yang relatif singkat yaitu dengan metode pasteurisasi. CV Milkindo Berka Abadi merupakan sektor usaha yang menjalankan usahanya dibidang peternakan sapi perah, wisata edukasi, dan produksi susu. Salah satu produk susu yang dihasilkan adalah susu pasteurisasi. Setiap industri pengolahan pangan tentunya ingin mempunyai citra mutu yang baik pada produk yang dihasilkan. Perlu adanya pengembangan suatu jaminan keamanan pangan. Salah satu konsep jaminan mutu yang khusus diterapkan untuk pangan dikenal dengan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Permasalahan yang tengah dihadapi oleh CV Milkindo saat ini adalah masih belum diterapkannya sistem HACCP pada setiap rangkaian proses produksi susu pasteurisasi. Hal yang mendasari permasalahan tersebut adalah skala usaha masih terbilang menengah, masalah pendanaan, SDM yang terbatas dan kurangnya pengetahuan yang dimiliki. Maka perlu adanya penanganan yang tepat karena susu sendiri merupakan salah satu komoditas agroindustri yang rentan akan pertumbuhan mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penerapan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) pada proses produksi susu pasteurisasi di CV Milkindo Berka Abadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode survey, dimana peneliti melakukan survey secara langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data. Dari hasil penerapan HACCP terhadap proses produksi susu pasteurisasi bahwa terdapat enam proses yang termasuk kedalam CCP atau titik kendali kritis yaitu penerimaan bahan baku, penyimpanan susu segar, proses pemanasan, proses mixing, proses penyaringan, dan proses pengemasan. Dari hasil tersebut ditetapkan batas kritis, prosedur pemanatauan, tindakan korektif, tindakan verifikatif, dan melakukan dokumentasi serta pencatatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRetnowati, NaningNIDN0024018302
Uncontrolled Keywords: Susu pasteurisasi, jaminan mutu, keamanan pangan, HACCP
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Khulfiatul Rifky Amalia
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:00
Last Modified: 14 Jun 2023 03:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24021

Actions (login required)

View Item View Item