Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Kopi Robusta Produksi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Sumber Mulyo” Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember

Nandita, Dhimas Gusti (2023) Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Kopi Robusta Produksi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Sumber Mulyo” Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (359kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (276kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (146kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Kopi Robusta Produksi Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) “Sumber Mulyo” Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Dhimas Gusti Nandita, S.Tr.Pt. NIM P601212383, Tahun 2022, 26 Halaman, Pascasarjana Terapan Agribisnis, Politeknik Negeri Jember, Prof. Dr. Ir. Bagus Putu Yudhia Kurniawan, MP. (Dosen Pembimbing) dan Dr. Ir. Ridwan Iskandar, MT. (Dosen Pembahas). Kopi merupakan salah satu hasil komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi di antara tanaman perkebunan lainnya dan berperan penting sebagai sumber devisa negara. Kopi memegang peranan penting dalam perekonomian nasional. Apabila komoditas kebun cukup menunjang perekonomian nasional Indonesia. Kopi sebagai komoditas kebun telah menunjang perolehan devisa dan mampu menyerang tenaga kerja yang cukup banyak. Permintaan kopi Indonesia dari waktu ke waktu terus meningkat, mengingat kopi Robusta Indonesia mempunyai keunggalan karena kandungan yang dikandungnya lebih kuat, sedangkan kopi Arabika yang dihasilkan oleh berbagai daerah di Indonesia mempunyai karakteristik cita rasa yang unik dan baik. Produksi kopi Indonesia pada tahun 2019 mencapai 752,50 ton, pada tahun 2020 753,90 ton dan pada tahun 2021 menigkat menjadi 774,60 ton (BPS, 2021). Peningkatan tersebut disebabkan karena cuaca yang mendukung untuk pembunggan dan pembentukan buah kopi. Kabupaten Jember merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang sebagian besar pendapatan daerah berasal dari sektor pertanian, kondisi tanah yang cukup subur memungkinkan berbagai komoditas bisa tumbuh dengan baik. Salah satunya tanaman yang banyak ditanam di area kebun adalah tanaman Kopi. Desa Pakis yang terletak di Kecamatan Panti adalah salah satu wilayah yang cukup banyak di tanami komoditas kopi berjenis robusta. Kopi adalah salah satu produk kebun yang banyak dibudidayakan secara luas. Hal tersebut dikarenakan kopi memiliki nilai ekonomis yang tinggi dibanding tanaman pangan lainnnya. Salah satunya di wilayah yang vi membudidayakan tanaman kopi adalah Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Jenis Kopi yang dibudidayakan adalah Jenis Kopi Robusta. Pemasaran kopi robusta yang berasal dari Desa Pakis ini belum cukup dikenal di masyarakat Kabupaten Jember dan Kabupaten lainnya yang berada di Provinsi Jawa Timur, maka dari itu perlunya perluasan kegiatan pemasaran dan kegiatan harus dengan menentukan segmen dan target pasar sehingga dapat memperluas area pemasaran kopi robusta dan dapat di kelola pemasaran kopi robusta dengan baik seperti gencar promosi di toko yang berbasis online dan mengikuti pameran produk UMKM. Hasil kegiatan Praktik Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) melalui sosialisasi dan pendampingan strategi pemasaran baik offline maupun online dalam memasarkan produk kopi robusta Argopuro “Rengganis” Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorK, Bagus Putu YudhiaNIDN0002106901
Uncontrolled Keywords: Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Kopi Robusta Produksi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Sumber Mulyo”
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > PKL
Depositing User: Dhimas Gusti Nandita
Date Deposited: 12 Jun 2023 00:53
Last Modified: 12 Jun 2023 00:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23948

Actions (login required)

View Item View Item