Analisis Pengaruh Sudut Kemiringan dan Penempatan Arah Panel Surya Terhadap Daya yang Dihasilkan di Gedung Recreation Hall POH 1 PT POMI

Ramadhani, Setio Enwin Putra (2022) Analisis Pengaruh Sudut Kemiringan dan Penempatan Arah Panel Surya Terhadap Daya yang Dihasilkan di Gedung Recreation Hall POH 1 PT POMI. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan - Setio Enwin Putra Ramadhani.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan - Setio Enwin Putra R.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka - Setio Enwin Putra Ramadhani.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang Lengkap - Setio Enwin Putra R.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Energi matahari merupakan salah satu sumber energi yang dapat diperbaharui. Potensi energi matahari di Indonesia sangat besar yakni sekitar 4,8 KWh/m2 atau setara dengan 112.000 GWp, potensi yang cukup besar tersebut disebabkan oleh letak geografis Indonesia yang berada pada daerah khatulistiwa yang memiliki iklim tropis dengan intensitas radiasi matahari yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai energi alternatif untuk menghasilkan energi listrik. Panel surya merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik. Dalam melakukan desain sistem PLTS, faktor kemiringan dan penempatan arah panel surya sangat berpengaruh terhadap energi listrik yang dihasilkan. Panel surya yang terpasang di atap gedung Recreation Hall POH 1 PT POMI terbagi menjadi 4 layer, dimana 2 layer menghadap ke arah timur dan 2 layer lainnya menghadap ke arah barat. Laporan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sudut kemiringan dan penempatan arah panel surya terhadap daya yang dihasilkan di gedung Recreation Hall POH 1 PT POMI sehingga dapat diketahui perbandingan daya yang dihasilkan oleh panel surya yang menghadap ke arah timur dengan panel surya yang menghadap ke arah barat. Tahap awal yang dilakukan dalam melaksanakan analisis ini yaitu memahami sistem PLTS yang terpasang di gedung Recreation Hall POH 1 PT POMI. Setelah mengetahui sistem PLTS yang ada, selanjutnya dilakukan pengukuran sudut kemiringan panel surya, pengukuran sudut kemiringan panel surya dilakukan secara langsung dengan menggunakan alat ukur busur derajat. Setelah diketahui besar sudut kemiringan panel surya yang terpasang, selanjutnya dilakukan pengukuran atau pengambilan data tegangan, arus dan daya keluaran panel surya. Proses pengambilan data dilakukan selama 3 hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 dengan pengambilan data setiap 1 jam sekali. Kesimpulan yang didapat dari hasil pengukuran dan perhitungan yang dilakukan selama 3 hari di gedung Recreation Hall POH 1 PT POMI adalah panel surya yang menghadap ke arah barat menghasilkan daya lebih besar daripada panel surya yang menghadap ke arah timur. Hal ini dikarenakan panel surya yang menghadap ke arah timur mencapai titik puncak daya yang dihasilkan lebih awal daripada panel surya yang menghadap ke arah barat. Ketika panel surya yang menghadap ke arah timur telah mencapai titik puncak, panel surya yang menghadap ke arah barat terus meningkat melewati titik puncak daya yang dihasilkan oleh panel surya yang menghadap ke arah timur. Rata-rata daya yang dihasilkan oleh panel surya yang menghadap ke arah barat adalah 57.872 W/hari, sedangkan panel surya yang menghadap ke arah timur ialah 55.823 W/hari dengan sudut kemiringan 17°.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorUlma, ZeniNIDN0001048805
Uncontrolled Keywords: Penempatan Arah, Perbandingan Daya, dan Sudut Kemiringan
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Setio Enwin Putra Ramadhani
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:59
Last Modified: 19 Jun 2023 02:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23944

Actions (login required)

View Item View Item