PERANCANGAN APLIKASI MONITORING DATA PERTUMBUHAN TANAMAN MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION DAN QR CODE BERBASIS ANDROID DI HABIBI GARDEN

Sutowo, Miftahus Surur (2022) PERANCANGAN APLIKASI MONITORING DATA PERTUMBUHAN TANAMAN MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION DAN QR CODE BERBASIS ANDROID DI HABIBI GARDEN. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (ringkasan)
1. E32200380 Miftahus Surur Sutowo - Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (45kB)
[img] Text (Bab I)
2. E32200380 Miftahus Surur Sutowo - Bab I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (136kB)
[img] Text (daftar pustaka)
4. E32200380 Miftahus Surur Sutowo - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (43kB)
[img] Text (Laporan lengkap)
3. E32200380 Miftahus Surur Sutowo - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan sarana mengaktualisasi diri terhadap kemampuan softskill dan juga hardskill yang sudah diperoleh selama di bangku kuliah, kemudian diimplementasikan di suatu perusahaan atau instansi. Pada laporan Magang ini akan disajikan beberapa kegiatan pelaksaan, output yang dihasilkan beserta penanganan permasalahan yang dihadapi di Habibi Garden Provinsi Jawa Barat (Bandung). Dalam kegiatan Magang ini, penulis melakukan pembuatan aplikasi yang akan digunakan untuk monitoring data pertumbuhan tanaman. Aplikasi ini ditujukan untuk divisi agronomist di Habibi Garden yang sering melakukan pengamatan di kebun-kebun. Pengamatan yang mereka lakukan sebelumnya masih manual dengan membuat google form untuk mengumpulkan data hasil pengamatan. Google form dibuat pada setiap tanaman yang akan dilakukan pengamatan, lalu nantinya akan di import ke web dashboard. Hal ini tentunya memiliki kekurangan jika tanaman yang akan diamati sangatlah banyak maka akan dibutuhkan google form yang banyak juga. Menangani google form yang cukup banyak dapat menimbulkan beberapa masalah seperti halnya kesalahan mengimport data ke dalam web dashboard. Maka cara yang digunakan saat ini kurang efisien sehingga dibutuhkan alternatif lain untuk mengatasinya. Untuk mengatasi permsalahan tersebut penulis menemukan ide untuk membuat aplikasi mobile yang dapat menampilkan form data pertumbuhan dengan menerapkan teknologi NFC dan QR Code sebagai pengganti google form. Sehingga dengan adanya aplikasi ini nantinya divisi agronomist Habibi Garden tidak perlu menggunakan google form lagi untuk melakukan monitoring data pertumbuhan tanaman.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisor-, YogiswaraNIDN0029097005
Uncontrolled Keywords: monitoring, nfc, habibi garden, react-native
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > PKL
Depositing User: Miftahus Surur Sutowo
Date Deposited: 09 Jun 2023 00:34
Last Modified: 09 Jun 2023 00:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23883

Actions (login required)

View Item View Item