Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya On – grid 157,44 KWp Universitas Hayam Wuruk Perbanas Kampus 2 Surabaya

Putra, Duta Catur Pamungkas (2023) Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya On – grid 157,44 KWp Universitas Hayam Wuruk Perbanas Kampus 2 Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (37kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1.PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan sistem pembangkit yang memanfaatkan energi matahari sebagai sumber yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi listrik. Salah satu proyek yang telah terealisasi adalah PLTS 157,44 kWp dengan sistem on-grid di gedung A Universitas Hayam Wuruk Perbanas Kampus 2 Surabaya oleh PT Energi Terbarukan Intenasional (ETERNAL) yang merupakan perusahaan EPC (Engineering Procurement Construction) yang bergerak dibidang proyek energi baru terbarukan (EBT) khususnya energi surya sejak tahun 2020. Saat ini PLTS yang terpasang sudah memasuki tahun kedua sejak awal pemasangannya pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui energi keluaran PLTS dan melakukan analisis kinerja dari pembangkit listrik tenaga surya dengan sistem on grid 157,44 kWp pada gedung A Universitas Hayam Wuruk Perbanas Kampus 2 Surabaya. PLTS ini memiliki dua orientasi yang berbeda yaitu sudut kemiringan panel surya sebesar 100 ke arah utara dengan azimuth 1,5 dan azimuth -178.5 ke arah Selatan. Daya keluaran PLTS didapat dari data logger yang terinstal pada sistem monitoring PLTS dan diakumulasikan sebagai acuan perbandingan yang akan dianalisis. Simulasi dilakukan menggunakan software Pvsyst 7.2. kemudian dilakukan evaluasi serta pembahasan mengenai peforma kinerja PLTS yang telah terinstal dari hasil perbandingan simulasi yang dilakukan dengan data lapangan. Produksi Energi PLTS ini pada bulan Januari hingga Oktober 2022 adalah sebesar 156,80 MWh, dengan asumsi degradasi modul surya sebesar 0,5%. Sedangkan hasil simulasi menunjukkan produksi total sebesar 158,79 MWh. Hasil tersebut menunjukkan produkasi energi nyata lebih rendah dari hasil simulasi. Faktor yang menyebabkan produksi lebih rendah selain masalah pada sistem juga disebabkan oleh kondisi cuaca yang berubah-ubah. Berdasarkan data perencanaan dan pemasangan dari PLTS Universitas Hayam Wuruk Perbanas kampus 2 terdapat beberapa instalasi sistem yang tidak sesuai standar yang disarankan, yaitu pada konfigurasi kabel DC dan peletakannya pada kabel tray. Peletakan kabel yang disarankan sesuai standar adalah maksimal 20 kabel.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRachmanita, Risse Entikaria RachmanitaNIDN0014028902
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Duta Catur Pamungkas Putra
Date Deposited: 12 Jun 2023 00:40
Last Modified: 14 Jun 2023 01:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23869

Actions (login required)

View Item View Item