Pengembangan Desain Formulir Triase Terintegrasi pada HIS (Health Information System) di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Menggunakan Metode Research and Development

Putri, Hafiza Alinda (2022) Pengembangan Desain Formulir Triase Terintegrasi pada HIS (Health Information System) di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Menggunakan Metode Research and Development. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (47kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (128kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (171kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap...pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan desain formulir triase terintegrasi dalam Health Information System (HIS) pada RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo setelah peralihan dari rekam medis konvensional ke rekam medis elektronik. HIS adalah sistem informasi yang digunakan untuk pelayanan pasien dan mencakup semua rekam medis pasien dalam bentuk elektronik. Salah satu formulir yang terdapat dalam HIS adalah formulir triase terintegrasi. Keputusan Menteri Kesehatan mengharuskan adanya kompatibilitas dan interoperabilitas antara sistem elektronik dalam penyelenggaraan rekam medis elektronik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memastikan variabel data dalam formulir triase terintegrasi sesuai dengan keputusan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan tahapan seperti research and information collecting, planning redesign, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, dan main field testing. Data primer diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kekurangan variabel dalam formulir triase terintegrasi, seperti tanggal masuk, jam masuk, kondisi pasien tiba, identitas pengantar pasien, riwayat penyakit, riwayat pengobatan, dan dokumen rujukan. Selain itu, terdapat ketidaksesuaian tipe data pada variabel sarana transportasi kedatangan, surat pengantar rujukan, riwayat alergi, pemeriksaan pernafasan, status psikologi, dan resiko jatuh. Ketidaksesuaian ini dapat menghambat interaksi antara sistem elektronik yang berbeda dan pertukaran data sesuai dengan keputusan kementerian kesehatan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan desain formulir triase terintegrasi pada HIS yang memperhatikan variabel-variabel yang kurang dan memperbaiki ketidaksesuaian pada tipe data. Hal ini akan meningkatkan kemampuan sistem elektronik untuk berinteraksi dan melakukan pertukaran data sesuai dengan keputusan kementerian kesehatan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSanti, Maya WekaNIDN0015059202
Uncontrolled Keywords: formulir triase terintegrasi, Health Information System, rekam medis elektronik, RSCM
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Hafiza Alinda Putri
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:48
Last Modified: 07 Jun 2023 00:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23814

Actions (login required)

View Item View Item