Penghitungan Sampling Losses Tebu (saccharum officinarum L.) di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kendeng Lembu Afdeling Rejosari Bayuwangi

Ferdianti, Novita Okta (2021) Penghitungan Sampling Losses Tebu (saccharum officinarum L.) di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kendeng Lembu Afdeling Rejosari Bayuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (122kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
laporan pkl lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan jenis tanaman penghasil gula yang banyak dibudidayakan karena menjadi kebutuhan utama industri dan rumah tangga. Namun tingginya tingkat konsumsi terhadap gula belum diimbangi oleh produksi gula dalam negeri sehingga masih dipenuhi dari impor. Hal tersebut terbukti pada tahun 2017 produksi gula dalam negeri mengalami penurunan sebanyak 0,17 juta ton atau 7,2 % dibandingkan tahun 2016 (BPS, 2018). Hal ini mengharuskan Indonesia melakukan impor gula dari Thailand dengan volume impor mencapai 2,43 juta ton atau sebesar 54,31 % terhadap total volume impor gula di Indonesia atau setara dengan US$ 1,14 miliar (BPS, 2018). Salah satu upaya guna meningkatkan produktivitas tebu yaitu dengan menyediakan bibit tanaman yang berkualitas. Bibit yang baik akan memiliki peranan besar terhadap peningkatan produksi gula. Hasil kegiatan praktek kerja lapang yang telah dilakukan di PTPN XII Kendeng Lembu meliputi budidaya tanaman tebu di wilayah Kabupaten Banyuwangi, penghitungan sampling losses tebu di Afdeling Rejosari yang mempunyai tujuan untuk mengetahui jumlah produksi tebu yang tertinggal yang berdampak pada produktivitas tebu akibat dari proses panen. Dari kegiatan PKL yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dapat memberikan pengetahuan dan menambah wawasan yang luas mengenai budidaya tebu, panen, dan hasil setelah panen. Penulis juga dapat menghitung beberapa sampling produksi tebu yang tertinggal ( losses ). vii Tujuan dilaksanakannya kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) mahasiswa diharapkan dapat melaksanakan budidaya tebu dengan baik, dapat mengetahui dan memahami teknik manajemen pemeliharaan di PTPN XII Kendeng Lembu Banyuwangi Jawa Timur. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan proses budidaya tanaman tebu dan panen yang ada di PTPN XII Kendenglembu Banyuwangi – Jawa Timur dari awal sampai akhir sehingga mahasiswa mendapatkan ilmu teknik budidaya dan pengalaman kerja secara langsung di perusahaan tersebut.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMasuti, LilikNIDN0020085810
Uncontrolled Keywords: Losses, PTPN XII Kendeng Lembu
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Novita okta ferdianti
Date Deposited: 29 May 2023 01:33
Last Modified: 30 May 2023 02:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23674

Actions (login required)

View Item View Item