PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN UNTUK MENILAI KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM BERPIDATO PERSUASI (PERSUASIVE SPEECH) DI PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS, JURUSAN BAHASA, KOMUNIKASI DAN PARIWISATA POLITEKNIK NEGERI JEMBER

RUKIATI, ENIK (2015) PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN UNTUK MENILAI KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM BERPIDATO PERSUASI (PERSUASIVE SPEECH) DI PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS, JURUSAN BAHASA, KOMUNIKASI DAN PARIWISATA POLITEKNIK NEGERI JEMBER. JURNAL INOVASI VOL. 1 NO. 21 APRIL 2021, 15 (2). ISSN 2527- 6220

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN UNTUK MENILAI KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM BERPIDATO PERSUASI (PERSUASIVE SPEECH) DI PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS, JURUSAN BAHASA, KOMUNIKASI DAN PARIWISATA POLITEKNIK NEGERI JEMBER.pdf

Download (251kB)
Official URL: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/jii/artic...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Kegiatan penelitian difokuskan pada pengembangan model yang berupa rubrik penilaian (scoring rubric) untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pidato persuasi ( persuasive speech ) pada mata kuliah speaking 4. Pengembangan rubrik penilaian ini sangat diperlukan baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa. Rubrik penilaian memberikan kemudahan bagi dosen untuk memberikan penilaian atas keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas berdasarkan kreteria penilaian telah dibuat dan diketahui mahasiswa. Bagi mahasiswa, pengembangan rubrik penilaian ini memberikan kemudahan bagi mereka untuk mempersiapkan diri dalam menyelesaiakn tugas yang diberikan kepadanya sesuai dengan kreteria yang telah ditentukan dalam rubrik penelilaian. Disamping itu, mahasiswa dapat mengetahui kelemahan dari performa mereka sebagai bahan kajian dan perbiakan unutk melakukan kegitaan berikutnya. Pengembangan rubrik ini melibatkan beberapa pihak diantaranya pemegang kebijakan di program studi,, ahli bahasa, dosen mata kuliah bahasa Inggris dan mahasiswa program studi bahasa inggris. Semua pihak tersebut terlibat dalam pengumpuan data, analisa produk dan validasi ahli terhadap produk yang telah dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisa dan jabarkan secara deskriptif untuk menjadi dasar dalam pengembangan model. Rubrik penilaian dikembangkan dengan mengikuti model pengembangan dari Tessmer (1993). Pada model pengembangan ini, penelitian difokuskanpada 2 tahapyaitutahappreliminary dantahapformative evaluation. Tahap formative evaluationmeliputiself evaluation, prototyping (expert reviews danone-to-one, dansmall group), sertafield test. Dengan model pengembangan ini, diharapkan model penilaian yang dihasilkan benar-benar telah melalui tahapan-tahapan yang benar-benar sesuai dengan keingan dan kebutuhan serta karakter khusus dari mahasiswa sehingga dapat secara efektif dipakai untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pidato persuasif (persuasive speech).

Item Type: Article
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
Depositing User: Enik Rukiati
Date Deposited: 25 May 2023 12:30
Last Modified: 25 May 2023 12:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23640

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item