ANALISIS EFEKTIVITAS APLIKASI PEMUPUKAN MENGGUNAKAN PESAWAT PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI PT TAPIAN NANDENGGAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

DING, MARSI (2019) ANALISIS EFEKTIVITAS APLIKASI PEMUPUKAN MENGGUNAKAN PESAWAT PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI PT TAPIAN NANDENGGAN KABUPATEN KUTAI TIMUR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (273kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (372kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
21. A32180059_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kelapa sawit (Elais guenensis) merupakan tanaman penting yang langsung terhubung dengan kebutuhan hidup manusia. Terutama , sebagai bahan utama minyak nabati pada masakan rumah tangga hingga industri makanan berskala besar. Permasalahan indonesia saat ini yaitu meningkatkan produktivitas kelapa sawit. Banyak hal yang dapat mempengaruhi produktivitas tanaman kelapa sawit salah satunya yaitu pemeliharaan khususnya pada pemupukan maka dari itu perkebunan kelapa sawit di PT Tapian Nandenggan menggunakan sistem pemupukan menggunakan pesawat terbang yang bertujuan agar pupuk dapat tersebar dengan merata dan tepat waktu, khususnya untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang terjadi di lapang yang dilakukan oleh pekerja karena sulitnya pengawasan. Penelitian ini dilaksanakan di kebun kelapa sawit PT Tapian Nandenggan kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur dengan memanfaatkan data pemupukan, dan data produksi. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi dimana persentasi pemupukan menggunakan pesawat (X) merupakan unsur yang mempengaruhi, dan produksi TBS (Y) merupakan unsur yang di pengaruhi. Hasil analisis biaya dan waktu pemupukan menggunakan pesawat menunjukan pemupukan menggunakan pesawat merupakan kegiatan pemupukan yang berbiaya besar, dan waktu yang sangat relatif cepat dari segi waktu. Berdasarkan analisis regresi pengaruh pemupukan pesawat terhadap produksi TBS di PT Tapian Nandenggan, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Tahun 2013 memiliki pengaruh yang nongnifikan dengan nilai korelasi 0,18 dan R Square (kontribusi) 3,35%, tahun 2014 nonsignifikan dengan nilai korelasi 0,39 R Square 15,26%, tahun 2015 nonsignifikan dengan nilai korelasi 0,64, dan R Square 41,65%, tahun 2016 nonsignifikan dengan nilai korelasi 0,22, dan R Square 5,04%, dan tahun 2017 nonsignifikan dengan nilai korelasi 0,51 dan R Square 26,32%. Dari analisis regresi tersebut disimpulkan bahwa pengaruh pemupukan menggunakan pesawat selama 5 tahun tidak berpengaruh nyata terhadap produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di PT Tapian Nandengan. Jika dibandingkan dengan pemupukan secara manual biaya yang dibutuhkan lebih murah dan nilai korelasi dan kontribusi yang ditimbulkan lebih besar dibandingkan pemupukan menggunakan pesawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTriwidiarto, CherryNIDN195903191988031005
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 23 May 2023 02:36
Last Modified: 23 May 2023 02:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23591

Actions (login required)

View Item View Item