Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tanaman Pangan Berdasarkan Kondisi Lingkungan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique,

Fanny Pratama Y, M (2020) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tanaman Pangan Berdasarkan Kondisi Lingkungan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique,. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
12. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E31170394_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris dan sebagain besar penduduknya bermata pencarian di bidang pertanianan. Terutama adalah tanaman pangan. Tanaman pangan adalah tanaman yang sangat penting untuk peran hidup makhluk hidup khususnya manusia. Diantara tanaman pangan adalah padi, jagung, kacang tanah, kedelai, keempat tanaman ini memiliki peranan yang sangat penting untuk ketahanan pangan nasional. Permasalahan yang saat ini muncul adalah pergantian musim yang semakin tidak menentu, membuat petani mengalami kendala dalam pemilihan tanaman pangan apa yang cocok untuk dibudidayakan sesuai dengan kondisi lingkungan di lahan pertanian. Pemilihan tanaman pangan mengacau pada beberapa syarat tumbuh tanaman pangan yaitu jenis tanah,suhu,kelembapan,curah hujan dan ketinggian .Syarat tumbuh tanaman dipakai untuk kriteria parameter dalam memilih tanaman pangan terbaik dilingkungan lahan tersebut. Dalam sistem ini juga menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) untuk dasar pengambilan keputusan. Metode ini merupakan teknik pengambilan keputusan multi kriteria yang didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting ia dibandingkan dengan kriteria lain. Pembobotan ini digunakan untuk menilai setiap alternatif agar diperoleh alternatif terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAfriansyah, Faisal LutfiNIDN199104292019031011
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 19 May 2023 01:58
Last Modified: 19 May 2023 01:58
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23481

Actions (login required)

View Item View Item