APLIKASI LARUTAN NPK SEBAGAI UPAYA MEPERBAIKI PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) ILEGITIM PADA STADIA PEMBIBITAN AWAL

Nahrul Hayat, Moh (2019) APLIKASI LARUTAN NPK SEBAGAI UPAYA MEPERBAIKI PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) ILEGITIM PADA STADIA PEMBIBITAN AWAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (317kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (283kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
23. A32180062_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Komoditas kelapa sawit merupakan tanaman yang memiliki prospek masa depan yang baik, karena agribisnis kelapa sawit berorientasi ekspor. Anakan kelapa sawit yang tumbuh liar di piringan merupakan produk dari biji atau biasa disebut bibit ilegitim. Sistem Pembibitan di Indonesia umumnya menggunakan pembibitan dua tahap yaitu melakukan pembibitan awal (pre nursery) dan pembibitan utama (main nursery). Selama tiga bulan di pembibitan awal biasanya bibit tidak di pupuk. Namun, jika tampak gejala kekurangan hara, bibit perlu dipupuk menggunakan pupuk N dalam bentuk cair. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui pengaruh aplikasi larutan NPK dalam upaya memperbaiki pertumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) ilegitim pada stadia pembibitan awal. Kegiatan ini di laksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan Februari 2019 dilahan pekarangan yang terletak di Jl. Tawangmangu (samping idee coffe), Kec. Sumbersari, Kab. Jember, dengan ketinggian 89M di atas permukaan laut. Kegiatan ini menggunakan rancangan acak kelompok, dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan, dengan aplikasi perlakuan P0 : tanpa pemberian pupuk NPK; P1 : larutan NPK dengan konsentrasi 0,02gr/10ml/tanaman; P2 : larutan NPK dengan konsentrasi 0,05gr/10ml/tanaman dan P3 : larutan NPK dengan konsentrasi 0,1gr/10ml/tanaman. Kesimpulan dari hasil kegiatan ini bahwa aplikasi larutan NPK tidak memberikan pengaruh yang nyata pada pertumbuhan tinggi bibit kelapa sawit ilegitim di pembibitan awal disebabkan oleh faktor genetik tanaman. Tetapi aplikasi larutan NPK berpengaruh nyata pada pertumbuhan diameter dan jumlah helai daun, hal ini disebabkan oleh kandungan unsur hara yang lengkap pada pupuk majemuk NPK, yang mempengaruhi pertumbuhan vegetatif bibit kelapa sawit ilegitim. Perlakuan larutan NPK dengan konsentrasi 0,1gr/10ml/tanaman (P3) memberikan pengaruh terbaik, namun jika ditinjau dari segi efesiensi biaya dan efektifitas aplikasi larutan NPK perlakuan larutan NPK dengan konsentrasi 0,02gr/10ml/tanaman (P1) merupakan perlakuan yang terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTriwidiarto, CherryNIDN195903191988031005
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 19 May 2023 01:45
Last Modified: 19 May 2023 01:45
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item View Item