Evaluasi Penggunaan Konsentrat Dengan Atau Tanpa Hijauan Terhadap Performa Domba Ekor Tipis di PT. Agro Apis Palacio Magetan

Ramiati, Ririn (2023) Evaluasi Penggunaan Konsentrat Dengan Atau Tanpa Hijauan Terhadap Performa Domba Ekor Tipis di PT. Agro Apis Palacio Magetan. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (207kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (124kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam usaha peternakan khususnya penggemukan domba menjadi salah satu ternak yang banyak diminati, dikarenakan banyaknya peminat pada daging domba. Dengan banyaknya peminat maka diperlukannya domba yang berkualitas. Kualitas domba dapat dilihat dari performa domba yang baik. Performa domba yang baik dapat dilihat dari pertambahan bobot badan, konsumsi pakan. Dalam upaya peningkatan perfoma domba maka diperlukannya pakan yang tepat dengan kualitas yang tinggi dan harga yang memadai. Pengamatan ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu pada tanggal 19 September-14 November 2022 di PT. Agro Apis Palacio Magetan. Tujuan dilakukannya pengamatan ini untuk mengevaluasi pakan apakah pakan yang digunakan dapat meningkatkan performa yang baik dan menguntunggkan. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah domba ekor tipis sebanyak 4 ekor, dengan bobot berkisar antara 9-10 kg dan berumur 7-12 tahun dengan pakan kosentrat dan hijauan. Dengan memberikan 2 perlakuan pakan yaitu P0 100% konsentrat tanpa hijauan dan P1 50% konsentrat dan 50% hijauan. Parameter yang diamati meliputi konsumsi pakan (BK), pertambahan bobot badan harian (PBBH), konversi pakan dan IOFC (income over feed cost). Hasil Penelitian dapat disimpulkan konsumsi pakan (BK) P0 menghasilkan rata rata 0,45 kg/ekor/hari dan P1 0,33 kg/ekor/hari, dengan pertambahan bobot badan harian (PBBH) P0 0,21 kg/ekor/ hari dan P1 0,15 kg/ekor/hari, dan konversi pakan untuk P0 sebesar 1,3 dan P1 2,14, serta IOFC P0 yaitu 366.835 dan P1 254.343. Hasil dari pengamtan ini menunjukkan pakan tanpa hijauan dapat meningkatkan performa dan memberikan keuntungan dalam pemeliharaan jangka pendek dan di umur kurang dari 12 bulan, namun untuk fase pemeliharan selanjutnya disarankan untuk menggunakan pakan dengan hijauan untuk pemenuhan kebutuhan akan serat dan menghindari terjadinya asidosis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahniar, Theo MahisetaNIDN0717068704
Uncontrolled Keywords: Domba, Konsentrat, Performa
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Ririn Ramiati
Date Deposited: 22 May 2023 01:26
Last Modified: 22 May 2023 01:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23441

Actions (login required)

View Item View Item