Edukasi dan Sosialisasi Kesehatan Lansia Pasca Pandemi COVID di Kemuning Lor Jember

Harlianingtyas, Irma and Kusumawardani, Devi Arine and Taufika, Ramadhan and Hartatie, Dian and Supriyadi, Supriyadi (2022) Edukasi dan Sosialisasi Kesehatan Lansia Pasca Pandemi COVID di Kemuning Lor Jember. PEKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2). pp. 42-47.

[img] Text (Similarity)
2.Similarity-Edukasi dan Sosialisasi Kesehatan Lansia Pasca Pandemi COVID di Kemuning Lor Jember.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
[img] Text (Artikel)
2. Edukasi dan Sosialisasi Kesehatan Lansia.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

COVID-19 mengakibatkan peningkatan morbiditas dan mortalitas sampai tahun 2021. Salah satu komponen penting dalam menangani ancaman pandemi Covid-19 adalah perawatan pada kelompok lansia. Kabupaten Jember sebagai salah satu kabupaten yang mengalami peningkatan persentase lansia mulai dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2020 memerlukan perhatian khusus terkait pencegahan penularan COVID-19 pada lansia. Berdasarkan hasil survey kepada mitra pengabdian, beberapa permasalahan yang perlu diselesaikan adalah kurangnya pengetahuan mengenai peningkatan imunitas terutama pada kalangan lansia, mitra masih belum memiliki kesadaran tentang bahaya virus COVID-19, mitra belum menerapkan protokol kesehatan seperti social distancing, mencuci tangan secara berkala, memakai masker saat keluar rumah, serta penyemprotan disinfektan secara rutin. Solusi yang diberikan tim pengusul yaitu tim pengabdian memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya hidup sehat serta untuk meningkatkan kesadaran tetap mematuhi protokol kesehatan pada masa pandemi. Kegiatan ini disambut antusias oleh peserta. hal ini diukur dari 100% undangan menghadiri kegiatan. Pelaksanaan edukasi dan sosialisai berjalan lancar. Mitra juga dibekali pengetahuan dan keterampilan membuat handsanitizer secara mandiri. Setelah kegiatan ini masyarakat termotivasi untuk menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan.

Item Type: Article
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Publikasi
Depositing User: Irma Harlianingtyas
Date Deposited: 17 May 2023 01:13
Last Modified: 17 May 2023 01:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item