Monitoring PLTS Rooftop On-Grid 2x500 kWp Berbasis Internet Of Things (IOT) pada Smart Data Logger di PT. Denso Manufacturing Indonesia 1 Bekasi

Radian, Muhammad Syah (2023) Monitoring PLTS Rooftop On-Grid 2x500 kWp Berbasis Internet Of Things (IOT) pada Smart Data Logger di PT. Denso Manufacturing Indonesia 1 Bekasi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (23kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (31kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (53kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa mempunyai sumber energi surya yang berlimpah dengan intensitas radiasi surya rata-rata sekitar 4,8 kWh/m2 per hari diseluruh wilayah Indonesia. Indonesia memiliki total potensi energi terbarukan ekuivalen 442 GW yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik, sedangkan pemanfaatannya pada tahun 2018 baru sebesar 8,8 GW atau 0,019% dari total potensi energi terbarukan. Potensi energi terbarukan terbesar adalah energi surya sebesar 207,8 GWp sebagai sumber energi baru untuk memenuhi kebutuhan energi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat khususnya di Bekasi sebagai salah satu kota terpanas di Indonesia, dimana intensitas penyinaran matahari cukup tinggi menjadi suatu pilihan untuk pengimplementasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai solusi kebutuhan energi listrik. Untuk memenuhi target bauran energi terbarukan 23% sampai tahun 2025, pemerintah Indonesia terus mendorong pemasangan sistem pembangkit listrik tenaga surya atap on-grid pada pelanggan listrik PLN. Salah satu pengembang proyek sistem tenaga surya terbesar di Indonesia yaitu PT ATW Solar Indonesia. PT ATW Solar Indonesia (ATW Solar) adalah perusahaan Engineering Procurement Construction (EPC) independen yang mengkhususkan diri dalam penyedia sistem listrik surya atap (Rooftop Solar PV System) di Indonesia dan solusi penyimpanan energi. Salah satu perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, ATW Solar saat ini memiliki portofolio lebih dari 30 MWp proyek surya, dalam hanya 4 tahun beroperasi. ATW Solar telah menyelesaikan lebih dari 3000 instalasi surya perumahan sampai saat ini. ATW Solar menawarkan pemasangan Solar Cell yang terjangkau untuk perumahan, komersial dan manufaktur di Indonesia dengan standar kualitas Internasional. Dalam menyediakan sistem panel surya yang mengutamakan mutu pemasangan dan kehandalan, ATW Solar bermitra dengan produsen ternama yaitu REC (Norway), KACO (Jerman), dan Fronius (Austria). Dalam Laporan Praktik Kerja Lapang di PT ATW Solar Indonesia ini akan dilakukan monitoring PLTS Rooftop On Grid sebagai perbandingan antara Phase 1 dan phase 2. Dari hasil analisa perbandingan, didapatkan data produksi energi tertinggi PLTS pada 9 September 2022 dari Smart Data Logger diketahui pada Phase 1 sebesar 519,300 W/㎡ sedangkan pada Phase 2 sebesar 513,500 W/㎡. Dalam data analisis perbandingan menunjukkan hasil Irradiance Phase 1 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil Irradiance Phase 2 pada Jam 12:00 dan 15:00 dan Phase 1 lebih rendah dibandingkan dengan hasil Irradiance Phase 2 pada Jam 06:00 dan 09:00. Data hasil perbandingan tersebut tentu dipengaruhi beberapa aspek penting di dalam nya yang menjadi penyebab perbedaan dalam jumlah produksi energi yang dihasilkan yaitu berupa pengaruh faktor lokasi PV, sistem perawatan PV, faktor temperatur PV dan lingkungan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRudiyanto, BayuNIDN0021127307
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Muhammad Syah Radian
Date Deposited: 17 May 2023 00:43
Last Modified: 17 May 2023 00:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23249

Actions (login required)

View Item View Item