Aplikasi Computer Based Test Berbasis Web di SMKN 3 Jember Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means Clustering

Aini, Syarifah (2020) Aplikasi Computer Based Test Berbasis Web di SMKN 3 Jember Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means Clustering. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (290kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (309kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. E31170704_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penilaian adalah kegiatan yang berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses hasil belajar. Selain proses penilaian, proses lain yang harus dilakukan adalah proses distribusi soal ujian. Misalnya guru yang melakukan pembagian soal baik tugas maupun ujian harian secara merata dan tidak memperhatikan kemampuan siswa. Distribusi soal pada sistem pembelajaran merupakan salah satu masalah yang pelik, guru harus melakukan sortir terhadap jenis soal yang akan diberikan kepada siswa, baik pada sistem konvensional maupun pada Computer Based Test hal ini masih harus dilakukan secara manual. Pada sistem Paper Based Test (PBT) ini masih ada beberapa kendala yang dihadapi seperti penyiapan bahan ujian, penggandaan dan distribusi soal, perlu langkah scanning LJK (Lembar Jawaban Komputer) dimana membutuhkan banyak biaya, tenaga dan waktu. Jadi ujian dengan PBT masih kurang efektif dan efisien. Berdasarkan penjabaran diatas maka diangkatlah judul “Aplikasi Computer Based Test Berbasis Web di SMKN 3 Jember Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means Clustering”. Algoritma Fuzzy C-Means Clustering ini akan diimplementasikan kedalam aplikasi CBT pada proses distribusi soal ujian untuk pengelompokan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam penentuan kemampuan belajar siswa. Dalam tugas akhir ini akan diterapkan peran teknologi informasi kepada siswa dan guru dalam proses ujian. Aplikasi ini, diharapkan distribusi soal pada ujian kepada siswa bisa merata sesuai kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRizaldi, TaufiqNIDN198903292019031007
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 11 May 2023 03:03
Last Modified: 11 May 2023 03:04
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23216

Actions (login required)

View Item View Item