Pengaruh Pemberian Media Video Animasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pada Remaja Status Gizi Lebih Di SMAN 1 Pasirian Lumajang

Azizah, Lutfiyah Siti and Permadi, M Rizal and Susindra, Yoswenita and Purnasari, Galih (2021) Pengaruh Pemberian Media Video Animasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pada Remaja Status Gizi Lebih Di SMAN 1 Pasirian Lumajang. HARENA: Jurnal Gizi, 2 (1). pp. 7-13.

[img] Text
(turnitin) Peningkatan Pengetahuan Mengenai Pembuatan MP-ASI bagi Ibu-ibu Anggota Komunitas.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/harena/ar...

Abstract

Gizi lebih atau obesitas merupakan salah satu masalah gizi yang ditandai dengan berat badan berlebihan akibat penimbunan lemak pada tubuh. Remaja dengan status gizi lebih ditentukan oleh nilai Z-Score > 1 SD sampai > 2 SD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian media video animasi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada remaja status gizi lebih di SMAN 1 Pasirian. Desain penelitian yaitu quasi experiment dengan rancangan one group pretest postest design. Populasi penelitian adalah siswa status gizi lebih SMA kelas X dan XI dengan jumlah subjek 73 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis statistik menggunakan SPSS 16.0 for Windows dengan uji Nonparametrik Wilcoxon Signed Test. Hasil penelitian mengunakan media video animasi rerata pengetahuan sebelum intervensi (74,11), sesudah intervensi (91,64) (p=0,000). Sedangkan, rerata sikap sebelum intervensi (63,48), sesudah intervensi (68,96) (p=0,000). Kesimpulan yaitu terdapat pengaruh pemberian video animasi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada remaja status gizi lebih.

Item Type: Article
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > General
Depositing User: yoswenita susindra
Date Deposited: 10 May 2023 06:12
Last Modified: 10 May 2023 06:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23090

Actions (login required)

View Item View Item