Pengaruh Pemberian Pupuk Kascing Terhadap Pertumbuhan Bibit Ilegitim Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Pre Nursery

Bimasakti Akbar, Orbit (2019) Pengaruh Pemberian Pupuk Kascing Terhadap Pertumbuhan Bibit Ilegitim Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Pre Nursery. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
21. A32160986_LAPORAN ENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Semakin luasnya areal kelapa sawit dibutuhkan persiapan yang baik salah satunya dalam pengadaan bibit dengan jumlah besar. Itulah yang menjadi masalah bagi petani kelapa sawit karena harga bibit yang mahal membuat petani harus mencari cara lain. Oleh karena itu, penulis melakukan percobaan menanam bibit ilegitim dengan pemberian pupuk kascing sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan dan tumbuh dengan baik, minimal sama atau bahkan melebihi bibit bersertifikat. Pupuk kascing mengandung unsur hara esensial berupa N, P, K, Mg dan zat pengatur tumbuh seperti hormon auksin, sitokinin, dan giberelin yang berperan terhadap pertumbuhan tanaman. Kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada bulan Oktober 2018 sampai Februari 2019, menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktor tunggal 4 ulangan dan 6 perlakuan yaitu K0: 2g NPK/bibit, K1: Tanpa pupuk, K2: 15g kascing/bibit, K3: 30g kascing/bibit, K4: 45g kascing/bibit, K5: 60g kascing/bibit. Berdasarkan hasil kegiatan ini bahwa (1) Berdasarkan dari segi efisiensi, perlakuan pemberian pupuk kascing dengan dosis 15 gram/bibit (perlakuan K2) merupakan perlakuan yang paling terbaik untuk pertumbuhan tinggi dan diameter batang bibit ilegitim kelapa sawit, (2) Perlakuan pemberian pupuk kascing berpengaruh tidak nyata terhadap rerata pertumbuhan jumlah daun pada bibit ilegitim kelapa sawit, (3) Perlakuan pemberian pupuk kascing belum bisa meningkatkan pertumbuhan bibit ilegitim kelapa sawit untuk menyamai standar bibit bersertifikat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSugiyarto, SugiyartoNIDN196102201988031001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 10 May 2023 03:15
Last Modified: 10 May 2023 03:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23078

Actions (login required)

View Item View Item