Analisis Energi Bahan Bakar Pada Proses Pemasakan Gula Merah di UD Adi Krisna dan UD Wisnu Jaya Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember

Firmansyah, Ilham (2019) Analisis Energi Bahan Bakar Pada Proses Pemasakan Gula Merah di UD Adi Krisna dan UD Wisnu Jaya Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
7. HALAMAN RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. HALAMAN BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. HALAMAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B31161097_LAPORAN TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai penunjang produksi dibutuhkan energi pada proses pemasakan gula merah. Energi merupakan hal yang penting dalam suatu industri, termasuk industri pertanian yang dapat berguna untuk perencanaan usaha gula merah dengan perencanaan yang efesien dan efektif. Adapun proses pengambilan data dilakukan pada dua industri gula merah, yaitu UD Adi Krisna dan UD Wisnu Jaya di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Industri kecil menengah (IKM) tersebut dipilh karena merupakan mitra gula merah dengan output besar diantara mitra gula lain didaerah tersebut. Sehingga perlu dilakukan perbandingan kebutuhan energi yang digunakan dan konsumsi bahan bakar spesifik pada proses pemasakan gula merah. Analisis ini bertujuan membandingkan konsumsi energi yang digunakan dan konsumsi bahan bakar spesifik per tungku pada proses pemasakan gula merah di UD Adi Krisna dan UD Wisnu Jaya Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Data yang digunakan dalam pelaksanaan tugas akhir ini yaitu berupa data primer dan sekunder. Pengambilan data dimulai dari penimbangan bahan baku, penimbangan tongkol jagung dan pengukuran kadar air. Dari hasil perhitungan dan pengolahan data di UD Adi Krisna dan UD Wisnu Jaya didapat konsumsi energi pada masing – masing UD yaitu 1271,10 MJ dan 2276,78 MJ. Sedangkan konsumsi bahan bakar spesifik di UD Adi Krisna sebesar 0,13 kg bahan bakar per kg bahan baku dan UD Wisnu Jaya sebesar 0, 11 kg bahan bakar per kg bahan baku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIswahyono, IswahyonoNIDN196411101992021001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 10 May 2023 03:07
Last Modified: 10 May 2023 03:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23076

Actions (login required)

View Item View Item