Pengaruh Konsentrasi Em4 Pada PembuatanPupuk Geer Untuk Pemupukan Kelapa Sawit (Elaesis Guenensis Jaqc) Varietas Lame Di Main Nursery,

Naufal, Irfan (2019) Pengaruh Konsentrasi Em4 Pada PembuatanPupuk Geer Untuk Pemupukan Kelapa Sawit (Elaesis Guenensis Jaqc) Varietas Lame Di Main Nursery,. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (190kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
24. A32161142 LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) merupakan salah satu tanaman perkebunan yang memegang peranan penting di Indonesia sebagai komoditi andalan untuk ekspor maupun komoditi yang dapat meningkatkan pendapatan petani. Hal ini disebabkan karena dari sekian banyak tanaman yang menghasilkan minyak, kelapa sawit yang menghasilkan nilai ekonomi terbesar per hektarnya. Upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan sangat perlu dilakukan. Usaha pertanian yang mengandalkan bahan kimia seperti pupuk anorganik yang telah dilakukan pada masa lalu dan berlanjut sampai sekarang telah menimbulkan dampak yang merugikan terhadap lingkungan dan makhluk hidup. Salah satu Pupuk organik yang digunakan untuk pembibitan kelapa sawit dapat berupa pupuk organik padat ataupun pupuk organik cair yang bisa dengan cara memanfaatkan limbah dari kotoran sapi dan menambahkan Em4 sebagai stater . Tugas Akhir (TA) ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai April 2019 di Politeknik Negeri Jember dengan ketinggian 89 mdpl. Kegiatan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 ulangan dan 5 perlakuan yaitu pupuk geer tanpa pemberian Em4 (P0) pupuk geer dengan konsentrasi Em4 3ml/liter air (P1) pupuk geer dengan konsentrasi Em4 6ml/liter air (P2) pupuk geer dengan konsentrasi Em4 9ml/liter air (P3) pupuk geer dengan konsentrasi Em4 12ml/liter air (P4). Berdasarkan hasil kegiatan ini dapat disimpulkan : bahwa aplikasi pupuk geer dengan berbagaimacam konsentrasi Em 4 tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan kelapa sawit dengan parameter pengamatan tinggi tanaman, jumlah pelepah, diameter roset di karenakan unsur hara pada pupuk geer dengan berbagai konsentrasi Em4 ini terlalu rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSugiyarto, SugiyartoNIDN199102202015102001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 10 May 2023 03:01
Last Modified: 10 May 2023 03:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23075

Actions (login required)

View Item View Item