Pengaruh Suhu dan Lama Perendaman Terhadap Daya Tumbuh Kecambah Indigofera sp di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Denpasar

YULIANTO, ROBBY (2019) Pengaruh Suhu dan Lama Perendaman Terhadap Daya Tumbuh Kecambah Indigofera sp di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31161482_LAPORAN TUGAS AKHIR LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)

Abstract

Pakan merupakan komponen penting dalam manajemen pemeliharaan ternak, biaya pakan mencapai 70% dari total biaya produksi. Untuk menurunkan biaya pakan dan mencukupi pakan ternak ruminansia khususnya sapi, perlu pakan alternatif misalnya menggunakan leguminosa jenis indigofera (Indigofera sp). Leguminosa merupakan hijauan pakan ternak yang digunakan sebagai sumber protein. Menurut Sundari dan Sionita (2017), tanaman leguminosa ini memiliki potensi sebagai hijauan pakan sumber protein dan mineral yang tinggi, struktur serat yang baik dan nilai kecernaan yang tinggi dapat meningkatkan produktivitas ternak ruminansia. Indigofera sp adalah legume yang dapat digunakan sebagai pakan ternak dan relatif baru dikembangkan di Indonesia. Tanaman ini memiliki kandungan protein kasar yang tinggi setara dengan alfafa (25%-23%), kandungan mineral yang tinggi ideal bagi ternak perah, struktur serat yang baik dan nilai kecernaan yang tinggi bagi ternak ruminansia. Mengatasi kulit biji yang keras tersebut agar upaya penyediaan tanaman / hijauan indigofera dapat berjalan dengan baik. Solusinya adalah memperlunak kulit biji indigofera dengan cara perendaman menggunakan air dengan temperatur berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu kajian tentang suhu dan lama perendaman yang tepat agar biji mudah berkecambah. Daya tumbuh kecambah yang diberi perlakuan berada pada kisaran 9,7% sampai dengan 18,9% biji. Pada suhu 60°C didapatkan rata-rata kecambah yang tumbuh sebanyak 12,34% yang didapat dari jumlah kecambah yang tumbuh dibagi 2 perlakuan. Sedangkan untuk suhu 80°C sebanyak 16,17% dan 100°C sebanyak 17%. Berdasarkan uji anova, suhu serta lama perendaman tidak berpengaruh terhadap jumlah kecambah yang tumbuh (P> 0,05). Interaksi antara suhu dan lama perendaman tidak berpengaruh terhadap jumlah kecambah (P> 0,05). Semakin tinggi suhu perendaman maka jumlah kecambah yang tumbuh semakin banyak. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa suhu dan lama perendaman tidak berpengaruh terhadap jumlah kecambah (P>0,05) terhadap daya tumbuh kecambah Indigofera sp. Tidak ada interaksi antara suhu perendaman dan lama perendaman terhadap daya tumbuh kecambah indigofera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahriar, Tos MuhisosNIDN198706172018032001
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 09 May 2023 03:08
Last Modified: 09 May 2023 03:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23014

Actions (login required)

View Item View Item