PEMBELAJARAN CRITICAL LISTENING MENERAPKAN STRATEGI THREE PHASE: SEBUAH REFLEKSI DALAM PROSES PENGAJARAN

Mariyati, Nanik and Ningsih, Yuslaili and Susanti, Nila (2022) PEMBELAJARAN CRITICAL LISTENING MENERAPKAN STRATEGI THREE PHASE: SEBUAH REFLEKSI DALAM PROSES PENGAJARAN. In: BUNGA RAMPAI: Kesehatan, Linguistik, dan Sosial Terapan,. Polije Press, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text
PEMBELAJARAN CRITICAL LISTENING MENERAPKAN STRATEGI THREE PHASE_ SEBUAH REFLEKSI DALAM PROSES PENGAJARAN (1).pdf

Download (2MB)
Official URL: https://press.polije.ac.id/publications/index.php/...

Abstract

Dalam upaya memaksimalkan potensi mahasiswa diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi Three Phase menjadi salah satu pilihan untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar. Bagaimana gambaran penerapan strategi Three Phase dalam matakuliah Critical Listening? Dalam strategi ini proses praktikum dibagi menjadi tiga bagian yaitu, pre listening, while listening dan post listening. Kegiatan Pre-listening berfungsi sebagai persiapan untuk listening. While-listening berhubungan langsung dengan keterlibatan dengan teks, pebelajar selama mahasiswa mengerjakan latihan pada waktu listening. Mahasiswa juga dirangsang untuk berbicara dan berpartisipasi aktif dalam mengerjakan tugas serta berdiskusi dalam kegiatan post-listening. Dalam studi ini terbukti bahwa strategi Three Phase mampu mendukung kemajuan dalam pembelajaran Critical Listening. Kegiatan ini memberikan dampak sangat baik bagi semua tingkatan kemampuan mahasiswa, baik yang kemampuanya rendah, sedang maupun tinggi. Alokasi waktu yang sangat tepat menjadikan komposisi ragam kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini juga dapat mereduksi tingkat kebosanan bagi mahasiswa sehingga mahasiswa menjadi lebih aktif. Disamping itu semua mahasiswa memiliki kesempatan berperan aktif dalam setiap kegiatan yang disajikan. Strategi ini sangat tepat diterapkan pada mata kuliah lainnya karena alurnya mudah diikuti dan fleksible untuk diterapkan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat dampaknya pada mata kuliah lain.

Item Type: Book Section
Subjects: 620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 613 - Humaniora
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > Publikasi
Depositing User: Nila Susanti
Date Deposited: 31 May 2023 06:09
Last Modified: 31 May 2023 06:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22935

Actions (login required)

View Item View Item