Analisis Usaha Kue Kering Gula Aren “Keren” di Desa Kebonsari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Ibnu Mukhaffi, Adhli (2019) Analisis Usaha Kue Kering Gula Aren “Keren” di Desa Kebonsari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
07. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (143kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (159kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (200kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
21. D31161745_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan tugas akhir ini yaitu untuk melakukan proses produksi, mengetahui analisis usaha dan menerapkan bauran pemasaran usaha. Tugas akhir dilaksanakan pada 20 Desember 2018 hingga 20 Mei 2019 di Desa Kebonsari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Tujuan tugas akhir ini untuk mengetahui analisis usaha kue kering gula aren dengan menggunakan metode analisis BEP, analisis R/C Ratio, dan analisis ROI. Hasil dari proses produksi sebanyak 5 kali yang membutuhkan 3 jam dalam 1 kali produksi dimulai dari persiapan alat dan bahan, persiapan adonan, persiapan bahan pelengkap, pencampuran semua bahan, persiapan pemanggangan, pencetakan dan pemanggangan, pendinginan, pengemasan dan penimbangan, pelabelan. Analisis usaha kue kering gula aren berdasarkan metode yang digunakan yaitu analisis BEP (Break Event Point) diperoleh BEP (Break Event Point) diperoleh BEP (unit) 18 kemasan dengan jumlah produksi 30 kemasan, nilai BEP (harga) Rp 6.300 dengan harga jual Rp. 10.000, R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) sebesar 1,6 dan ROI (Return On Investment) sebesar 14 %. Penerapan bauran pemasaran kue kering gula aren dengan produk memiliki keunggulan pada bahan baku yang berasal dari bahan baku yang sehat, tekstur produk renyah, dengan kemasan tabung yang ekonomis, serta hargai yang terjangkau. Saluran distribusi produk dilakukan secara langsung kepada konsumen. Promosi menggunakan metode personal selling dan publisitas produk menggunakan media social yaitu Whatsapp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayat, TaufikNIDN197409022005011001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 04 May 2023 02:01
Last Modified: 04 May 2023 02:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22889

Actions (login required)

View Item View Item