PENGARUH LAMA PERENDAMAN BENIH KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.) Var. KOMASTI PADA AIR KRAN MENGALIR TERHADAP PERKECAMBAHAN

Fajar Maulana, Laksamana (2019) PENGARUH LAMA PERENDAMAN BENIH KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.) Var. KOMASTI PADA AIR KRAN MENGALIR TERHADAP PERKECAMBAHAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (17kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (72kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A32161988 LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditi nonmigas yang diandalkan dan kini harganya cukup baik di pasaran internasional. Meskipun demikian, kopi sering kali mengalami fluktuasi harga sebagai akibat ketidakseimbangan antara permintaan dan persediaan komoditas kopi di pasar dunia. Konsumsi kopi di dunia mencapai 70% berasal dari spesies kopi arabika dan 26% dari spesies kopi robusta. Perbanyakan tanaman kopi dilakukan dengan cara generatif dan vegetatif. Perbanyakan menggunakan biji (generatif) adalah cara termurah dan termudah yaitu dengan cara menyemaiakan benih kopi. Akan tetapi perbanyakan generatif mempunyai kelemahan yaitu proses perkecambahannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses perkecambahan tersebut dapat dipercepat dengan adanya perlakuan pada benih antara lain dengan merendam benih pada air kran mengalir sebelum disemaikan. Kegiatan ini dilaksanakan di Greenhouse TPB Politeknik Negeri Jember. Dengan parameter yang diamati meliputi: (a) Daya Kecambah, (b) Kecepatan Perkecambahan, dan (c) Laju Perkecambahan. Rancangan Percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non Faktorial dengan 4 perlakuan yaitu P0 (Tanpa Perendaman), P1 (3Jam), P2 (6Jam), dan P3 (9Jam) yang setiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali sehingga diperoleh 20 unit. Dalam setiap unit terdiri dari 50 benih.Hasil Uji Analisis yang telah diujikan menunjukkan hasil yang berbeda nyata terhadap parameter daya kecambah, kecepatan berkecambah, dan laju perkecambahan. Perlakuan perendaman selama 6 jam (P2) menghasilkan nilai rata-rata yang paling tinggi dibandingkan perlakuan yang lain dari semua parameter. Hal ini menunjukkan bahwa perendaman menggunakan air kran mengalir dapat berpengaruh terhadap perkecambahan benih kopi arabika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHumaida, SitiNIDN196004261987032001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 04 May 2023 01:42
Last Modified: 04 May 2023 01:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22887

Actions (login required)

View Item View Item