MEKANISME MONITORING PENYELESAIAN TRANSAKSI PERSEDIAAN MELALUI APLIKASI MONSAKTI PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) DENPASAR

Apriliani, Nanda (2023) MEKANISME MONITORING PENYELESAIAN TRANSAKSI PERSEDIAAN MELALUI APLIKASI MONSAKTI PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) DENPASAR. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (138kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 262/PMK.01/2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) adalah instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Kantor Wilayah. KPPN Denpasar merupakan KPPN tipe A1 yang mempunyai tugas melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan Bendahara Umum Negara (BUN), penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundangundangan. KPPN Denpasar selain melaksanakan tugas, juga mempunyai fungsi salah satunya yaitu monitoring. Salah satu transaksi yang perlu dilakukan monitoring yaitu transaksi persediaan. Monitoring penyelesaian transaksi persediaan perlu dilakukan karena berdasarkan data yang di dapat dari aplikasi MonSAKTI bahwa transaksi persediaan banyak mengalami permasalahan sehingga berdampak terhadap ketidaksesuaian antara Berita Acara Serah Terima (BAST) atau kuitansi persediaan dengan keadaan fisik barang. Proses monitoring ini diawali dengan mengunduh data persediaan yang belum terselesaikan dari satuan kerja pada aplikasi MonSAKTI, kemudian pelaksana Seksi Verifikasi dan Akuntansi melakukan pengunduhan data tersebut yang menghasilkan output berupa berkas dua rangkap. Rangkap pertama diberikan Seksi Verifikasi dan Akuntansi untuk arsip. Kemudian rangkap kedua akan diberikan Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal, nantinya akan membuat surat tindaklanjut yang ditujukan kepada satuan kerja. Hal tersebut bertujuan agar satuan kerja dapat segera melakukan penyelesaian transaksi persediaan. Setelah itu satuan kerja menyelesaikan transaksi tersebut.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAndini, Dessy PutriNIDN0019128201
Uncontrolled Keywords: MEKANISME MONITORING PENYELESAIAN TRANSAKSI PERSEDIAAN MELALUI APLIKASI MONSAKTI PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN)
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 573 - Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Nanda Apriliani
Date Deposited: 02 May 2023 01:36
Last Modified: 02 May 2023 01:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22801

Actions (login required)

View Item View Item