Evaluasi pendugaan bobot badan ternak sapi potong di Berkah Setia Farm Purworejo-Jawa Tengah

Rukmi, Dyah Laksito and Dirja, Ahmad Surya and Syahniar, Theo Mahiseta and Subagja, Hariadi (2022) Evaluasi pendugaan bobot badan ternak sapi potong di Berkah Setia Farm Purworejo-Jawa Tengah. In: National Conference of Applied Animal Science2022, Jember.

[img] Text (Hasil turnitin)
Evaluasi pendugaan bobot badan ternak sapi potong di Berkah Setia Farm Purworejo-Jawa Tengah.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
Evaluasi Pendugaan Bobot Badan Ternak Sapi Potong di Berkah Setia Farm Purworejo Jawa Tengah.pdf

Download (394kB)
Official URL: https://proceedings.polije.ac.id/index.php/animal-...

Abstract

Sapi potong adalah jenis ternak yang dipelihara untuk menghasilkan daging sebagai produk utamanyaBangsa sapi potong yang berkembang di Indonesia adalah bangsa sapi potong Limousin, Simental, dan Peranakan Ongole(PO). Berkah Setia Farm merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemeliharaan sapi potong dan menitikberatkan pada jual beliatau perniagaan sapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil rumus mana yang paling mendekati bobot badan aktual pada ternak sapi potong khususnya sapi Peranakan Ongole (PO)di Berkah Setia Farm, Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada rumus yang akurat 100%, namun rumus pendugaan bobot badan sapi PO jantan di Berkah Setia Farm yang mendekati bobot badan aktual yaitu penghitungan menggunakan rumus Arjodarmoko, dengan persentase penyimpangan sebesar 2,6% dari bobot badan aktual, sedangkan rumus pendugaan bobot badan yang mempunyai penyimpangan paling besar dari bobot badan aktual yaitu rumus Denmark dengan persentase penyimpangan sebesar 13,1%. Saran yang dapat diberikan yaitu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah ternak yang lebih banyak lagi dan varietas sapi yang lainnya agar didapatkan hasil yang lebih akurat dan mendekati bobot badan aktual.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > Publikasi
Depositing User: Dr Ir Hariadi Subagja, S.Pt., M.P., IPM.
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:37
Last Modified: 13 Jun 2023 16:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22488

Actions (login required)

View Item View Item