Pelatihan Pemasaran Bibit Berbasis E-Commerce sebagai Upaya Lanjutan dalam Pengembangan Sentra Durian di Desa Kemuning Lor

Leli Kurniasari, LK and Sri Rahayu, SR and Refa Firgiyanto, RF Pelatihan Pemasaran Bibit Berbasis E-Commerce sebagai Upaya Lanjutan dalam Pengembangan Sentra Durian di Desa Kemuning Lor. Agrimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pertanian, 1 (1). pp. 1-6. ISSN E-ISSN: 4321-1322

[img] Text (similarity)
PELATIHAN PEMASARAN BIBIT BERBASIS E-COMMERCE SEBAGAI UPAYA LANJUTAN DALAM PENGEMBANGAN SENTRA DURIAN DI DESA KEMUNING LOR.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (publikasi)
pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4kB)
Official URL: https://agrimas.polije.ac.id/

Abstract

Durian (Durio zibethinusMurr.) merupakan komoditas unggulan hortikulturaIndonesia. Produksi durian secara nasional masih didominasi oleh wilayah di daerah Pulau Jawa dengan Jawa Timur sebagai pemasok utama. Jember sebagai kabupaten terluas di Jawa Timur urutan ke tiga setelah Banyuwangi dan Malang masih belum mampu menjadi produsen durian karena produktivitasnya yang rendah. Produksi durian di Kabupaten Jember mengalami penurunan pada tahun 2019 dibandingkan tahun 2018. Upaya untuk menjadikan Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa sebagai sentra durian adalah dengan mengoptimalkanpemanfaatan peluang pasar durian yang bermutu pemasaran seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Salah satu teknologi informasi yang menjadi kebutuhan mendasar dalam pemasaran atau perdagangan adalah e-commerce. Melalui kegiatan ini, petani mitradilatih menggunakan aplikasi pemasaran e-commerce yang lebih mudah dan aplikatif seperti iklan di google, facebook, shopee dan tokopedia. Hal ini karena pemanfaatan teknologi internet dapat memperluas jaringan usaha dan terciptanya komunikasi yang efektifdalam menyampaikan nilai ekonomi dari penjual kepada pembeli sehingga mampu meningkatkan perubahan dalam hal volume penjualan dan prefernsi konsumen. Namun demikian, perlu pendampingan berkelanjutan sehingga petani dapat memaksimalkan akun-akun e-commercedalam mendukung kegiatan pemasaran produk/bibit durian.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > Publikasi
Depositing User: Leli Kurniasari
Date Deposited: 13 Apr 2023 10:15
Last Modified: 13 Apr 2023 10:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22467

Actions (login required)

View Item View Item