Evaluasi Formulir Resume Medis pada Health Information System (HIS) Menggunakan Model 4D di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo

Waskito, Dito Yogo (2022) Evaluasi Formulir Resume Medis pada Health Information System (HIS) Menggunakan Model 4D di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Project Report. Perpustakaan Politeknik Negeri Jember, Jember. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (197kB)
[img] Text (BAB 1 Penahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (338kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Putaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (320kB)

Abstract

Mendukung kebijakan integrasi pelayanan kesehatan maka perlu dilakukan penyesuaiaan variabel dan metadata dalam pengembangan rekam medis elektronik. Resume medis yang merupakan merupakan lembar yang berisi item-item data yang signifikan terkait diagnosis utama pasien, meliputi kondisi sejak pasien masuk perawatan hingga pasien keluar/pulang. Studi pendahuluan di temukan variabel-variabel yang belum sesuai dengan pedoman dan cetak output resume medis halaman ke dua belum ada kolom identitas. Penelitian ini menggunakan metode Research and development dimana digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model 4D digunakan karena di dalamnya terdiri dari beberapa tahapan yaitu define, design, develop, and disseminate. Hasil identifikasi ditemukan beberapa kendala berkaitan dengan input yaitu belum adanya kolom inputan alamat tujuan pasien paska keluar rumah sakit dan tanda tangan pasien dan output pada cetakan halaman ke dua belum ada identitas yang merupakan salah satu penilaian standard nasional akreditasi rumah sakit (SNARS) edisi 1.1 dalam standard 15 tentang manajemen informasi dan rekam medis (MIRM). Dihasilkan desain interface untuk input dan output resume medis paa HIS sesuai dengan penetapan kebutuhan variabel, tipe data dan format telah merujuk pada Kepmenkes Nomor HK.01.07/menkes/1423/2022 tentang Pedoman variabel dan Meta data ada penyelenggaraan rekam medis elekronik, Permenkes No 24 tahun 2022, Standard nasional akreditasi rumah sakit (SNARS) edisi 1.1 dalam standard 15 tentang manajemen informasi dan rekam medis (MIRM) dan SOP Nomor OT.02.02/1.1.2/1201/2022 tentang Resume Medis serta disesuaikan dengan manual formulir resume medis nomor revisi 0001/rev03/PRM/2016.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSanti, Maya WekaNIDN0015059202
Uncontrolled Keywords: Resume Medis, Model 4D, RSCM
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Dito Yogo Waskito
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:27
Last Modified: 13 Apr 2023 07:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22342

Actions (login required)

View Item View Item