Perakitan Baterai GB4024 Sebagai Penyimpan Daya Lampu Penerangan Jalan Umum Bertenaga Surya di PT Santinilestari Energi Indonesia

Rizqullah, Muhammad Jubran (2023) Perakitan Baterai GB4024 Sebagai Penyimpan Daya Lampu Penerangan Jalan Umum Bertenaga Surya di PT Santinilestari Energi Indonesia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (37kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (100kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H41180482_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin canggih, teknologi yang dibutuhkan juga semakin mengalami kemajuan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan agar lebih cepat dan efisien. Perkembangan teknologi pada era modern ini tentunya dibutuhkan ketrampilan sumber daya manusia yang memadai. Praktek Kerja Lapang (PKL) dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan keahlian sebagai bekal untuk mengahadapi dunia kerja serta mencari solusi pada kendala di lapangan. PT. Santinilestari Energi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur energi terbarukan dengan memproduksi berbagai kebutuhan masyarakat salahsatu nya penerangan jalan umum bertenaga surya. Pemanfaatan energi matahari ini bisa tersalurkan dengan salah satu komponen yang telah di produksi PT. Santinilestari Energi Indonesia yaitu Panel Surya. Perakitan baterai GB4024 merupakan komponen sebagai penyimpanan daya lampu penerangan jalan umum yang di bangun oleh PT. Santinilestari energy indonesia, yang di kembangkan untuk masyarakat indonesia sebagai salah satu fasilitas umum. Baterai merupakan Komponen penting dalam pembuatan lampu penerangan jalan umum bertenaga surya, sebab baterai merupakan komponen penyimpanan energi yang utama didalam lampu penerangan jalan umum. Dalam pembuatan baterai pack terdapat beberapa penyusun antara lain : epoxy resin fiber, sel baterai, bms, heat shrink, plat baterai. Komponen tersebut akan dijadikan satu kesatuan sehingga akan menjadi baterai pack yang siap pakai. Dalam pembuatan baterai pack GB4024 maka diperlukanya sebuah perancangan dan perhitungan. Dalam perhitungan serta perancangan baterai pack jenis GB4024 diperlukan rangkaian sel baterai sebanyak 8 parallel dan 7 seri, dengan menghasilkan perancangan kapasitas baterai sebesar 42 Ah 25,6V yang akan digunakan pada produksi LPJU- Tenaga Surya PT.santinilestari energi indonesia.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFebriani, Siti Diah AyuNIDN0020029103
Uncontrolled Keywords: Solar Cell, Battery GB4024, PT. Santinilestari Energi Indonesia
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Muhammad Jubran Rizqullah
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:22
Last Modified: 11 Apr 2023 02:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22239

Actions (login required)

View Item View Item