Pelaksanaan Retur SP2D pada KPPN Denpasar

Sintawati, Ayu Dewi (2023) Pelaksanaan Retur SP2D pada KPPN Denpasar. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Indonesia. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. D42191009 Ayu Dewi Sintawati - Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. D42191009 Ayu Dewi Sintawati - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (342kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. D42191009 Ayu Dewi Sintawati - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (199kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. D42191009 Ayu Dewi Sintawati - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Denpasar merupakan salah satu KPPN Tipe A1. Dalam hal ini KPPN melaksanakan tugas kewenangan perbendaharaan dan bendahara umum negara (BUN). Sebagai BUN, KPPN bertindak sebagai penyalur dana dari kas Negara ke satuan kerja yang ada dibawah kementerian keuangan/lembaga lain yang mempunyai dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), menatausahakan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturn perundang-undangan yang berlaku. DIPA dilaksanakan melalui transfer dana dari Kas Negara pada Bank Operasional kepada Rekening Pihak Penerima yang ditunjuk pada surat perintah pencairan dana (SP2D). Pencairan dana dapat terjadi kegagalan transfer dana ke rekening Bank Penerima, dan ban k penerima melakukan penolakan/pengembalian atau bisa disebut juga retur SP2D. Retur SP2D bisa terjadi karena terdapat kesalahan rekening yang dituju untuk pembayaran, misalkan Account Credit Not Found, Account credit invalid check digit, funds has been transferred to the RETUR account, Rekening Supplier Tidak Aktif/Salah /Tidak Ditemukan, dan lain sebagainya. Adanya retur SP2D dapat diketahui melalui proses monitoring yang dilakukan oleh seksi bank melalui aplikasi OM-SPAN. Jika diketahui terdapat retur SP2D, maka staff seksi bank akan mengirimkan surat pemberitahuan pada satuan kerja. Selanjutnya satuan kerja akan melakukan perbaikan data rekening dan melengkapi persyaratan lampiran untuk dilakukan pengajuan retur SP2D pada KPPN Denpasar yang akan diterima oleh Seksi Pencairan Dana melalui petugas Front Office untuk dilakukan pengecekan. Jika memenuhi syarat maka data yang sudah dilakukan perbaikan akan disampaikan pada Seksi Bank dan dilakukan perekaman SPP Retur yang harus mendapat persetjuan dari Kepala Seksi Bank. SPP Retur yang sudah disetujui oleh Kepala Seksi Bank akan menjadi dasar pembuatan SPM Retur yang dapat digunakan dalam menerbitkan SP2D-R.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAndini, Dessy PutriNIDN198212192006042001
Uncontrolled Keywords: Retur SP2D, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik > PKL
Depositing User: AYU DEWI SINTAWATI
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:07
Last Modified: 13 Apr 2023 02:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22230

Actions (login required)

View Item View Item