Pengaruh Penggunaan Tepung Daun Lamtoro (Lecaena Leucocephala) Fermentasi Dalam Ransum Terhadap Performa Produksi Dan Kualitas Telur Puyuh (Coturnix- Coturnix Japonica)

Akbar, Abigeil (2023) Pengaruh Penggunaan Tepung Daun Lamtoro (Lecaena Leucocephala) Fermentasi Dalam Ransum Terhadap Performa Produksi Dan Kualitas Telur Puyuh (Coturnix- Coturnix Japonica). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (151kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (162kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (289kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa dan kualitas telur puyuh yang diberi tepung daun lamtoro fermentasi. Penelitian ini dilaksanakan di di Perbum Kalisat Permai B:15 Jember. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada awal bulan September sampai Desember tahun 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu P0 (Perlakuan pakan tanpa tepung daun lamtoro), P1 (Perlakuan pakan dengan tepung daun lamtoro fermentasi 2%), P2 (perlakuan pakan dengan tepung daun lamtoro fermentasi 4%), P3 (perlakuan pakan dengan tepung daun lamtoro fermentasi 6%), dan P4 (Perlakuan pakan dengan tepung daun lamtoro fermentasi 8%). Dari hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam dan apabila terdapat perbedaan yang signifikan maka akan dilanjutkan dengan Duncan Multiple Rage Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung daun lamtoro fermentasi memberikan pengaruh signifikan terhadap Pertambahan Bobot Badan (191,1 gram/ekor), produksi telur harian (56,4%), tebal kerabang (0,13 mm), dan indeks warna kuning telur (8,95). Namun pemberian tepung daun lamtoro fermentasi tidak berpengaruh signifikan terhadap konsumsi pakan, konversi pakan, bobot telur, dan haugh unit. Umur awal bertelur pada puyuh ada pada kisaran 45 hari. Kesimpulannya adalah pemberian tepung daun lamtoro fermentasi bisa digunakan sebagai pakan untuk memperbaiki performa puyuh dan kualitas telur puyuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorUtami, Raden Rara Merry Muspita DyahNIDN0001026801
Uncontrolled Keywords: tepung daun lamtoro, fermentasi, puyuh petelur, kualitas telur,performa puyuh
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > Tugas Akhir
Depositing User: Abigeil Akbar
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:11
Last Modified: 11 Apr 2023 02:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22216

Actions (login required)

View Item View Item