Studi Penanganan Kesehatan Sapi Brahman Cross dalam Proses Pengobatan Penyakit di PT Catur Mitra Taruma Bogor Jawa Barat

Murdhy, A. Wildanul (2020) Studi Penanganan Kesehatan Sapi Brahman Cross dalam Proses Pengobatan Penyakit di PT Catur Mitra Taruma Bogor Jawa Barat. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringakasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (288kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (300kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. C31170634_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sapi potong merupakan jenis sapi yang diternakkan untuk dimanfaatkan dagingnya. Data statistik oleh Ditjennak (2019) menyatakan bahwa produksi daging sapi pada tahun 2018 mengalami peningkatan 2,40 persen dari tahun 2017. MLA (2010) menyatakan bahwa menjaga kondisi kesehatan dan kesejahteraan hewan merupakan hal yang penting bagi keberhasilan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penanganan kesehatan terhadap proses pengobatan penyakit sapi Brahman Cross di PT Catur Mitra Taruma. Studi kasus ini yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap sapi sakit selama 2 bulan di industri peternakan sapi potong PT Catur Mitra Taruma. Bahan yang digunakan yaitu sapi Brahman Cross dengan jumlah sapi sakit 80 ekor dari populasi sapi 3.792 ekor. Penelitian dilaksanakan dengan mengikuti kegiatan kontrol kesehatan, pengobatan sapi sakit, dan penanganan paska pengobatan sapi sakit. Parameter penelitian yang digunakan antara lain jenis penyakit dan penanganannya, penanganan paska pengobatan, dan upaya pencegahan penyakit. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dari observasi pada saat kegiatan berlangsung dan data sekunder diperoleh berupa rekording kesehatan sapi Brahman Cross. Analisa data yang dilakukan adalah dengan membandingkan data yang diperoleh dengan literature secara deskriptif. Hasil pengamatan yang dilakukan terdapat 4 jenis penyakit pada sapi Brahman Cross selama 2 bulan di PT Catur Mitra Taruma. Jenis penyakit yang menyerang sapi yaitu pincang dengan jumlah 76 ekor, abses 1 ekor, myiasis 2 ekor, dan foot rot 1 ekor. Penanganan kesehatan terhadap proses pengobatan penyakit sapi Brahman Cross sudah baik dengan 60 ekor sapi yang sembuh dari 80 ekor sapi sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSubagja, HariadiNIDN197012131997031002
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:31
Last Modified: 06 Apr 2023 02:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22161

Actions (login required)

View Item View Item