Penerapan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Lokomotif di PT Nusantara XI Pabrik Gula Jatiroto

Hayati, Rani Apriliana (2022) Penerapan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Lokomotif di PT Nusantara XI Pabrik Gula Jatiroto. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan 2.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (263kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (519kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Praktik Kerja Lapang merupakan salah satu kurikulum yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jember pada semester 7 selama 4 bulan. Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa dapat melatih keterampilan diri, menambah wawasan dan pengalaman dalam dunia kerja serta dapat menjalin relasi antara pihak Lembaga dengan perusahaan yang bersangkutan. Praktik Kerja Lapang bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah di dapatkan selama perkuliahan supaya dapat diaplikasikan di dalam dunia kerja atau industri. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 01 September 2021 sampai dengan 29 Desember 2021 di PT Nusantara XI Pabrik Gula Jatiroto Jl. Ranupakis No. 1 Nyeroan, Kaliboto Lor, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Dalam era dengan keilmuan dan teknologi yang semakin canggih, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan suatu keharusan untuk dilaksanakan oleh penyelenggara kerja untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, disamping melindungi pekerja dari hal - hal yang mengancam keselamatan dan kesehatan. Jika keselamatan dan kesehatan pekerja terpelihara dengan baik maka angka kesakitan, absensi, kecacatan dan kecelakaan kerja dapat diminimalkan, sehingga akan terwujud pekerja yang sehat dan produktif. Perlu diingat bahwa profit perusahaan juga dipengaruhi oleh produktivitas pekerja yang berhubungan erat dengan keselamatan dan kesehatan kerja. Mengingat pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), perusahan/organisasi perlu mulai mengutamakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam pengoperasiannya. Pengetahuan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) oleh pekerja maupun pihak perusahaan terkadang masihlah rendah. Baik pengetahuan tentang cara penerapan K3 yang benar, dampak jika perusahaan tidak mengaplikasikan K3 itu, dsb.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Aditya WahyuNIDN0014067811
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Rani Apriliana Hayati
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:21
Last Modified: 10 Apr 2023 07:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22088

Actions (login required)

View Item View Item