HUBUNGAN BERAT JENIS DAN KADAR LEMAK SUSU TERHADAP HARGA JUAL SUSU (STUDI KASUS DI KOPERASI PETERNAKAN SAPI PERAH SETIA KAWAN NONGKOJAJAR PASURUAN)

Muslim, Muslim (2023) HUBUNGAN BERAT JENIS DAN KADAR LEMAK SUSU TERHADAP HARGA JUAL SUSU (STUDI KASUS DI KOPERASI PETERNAKAN SAPI PERAH SETIA KAWAN NONGKOJAJAR PASURUAN). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sapi perah adalah ternak ruminansia penghasil protein hewani yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan terutama dalam memproduksi susu. Susu adalah sumber protein hewani berbentuk cairan berwarna putih yang memiliki hampir seluruh kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu menjadi salah satu atau sumber utama pendapatan peternak. Kualitas susu menjadi dasar dalam pembayaran harga jual susu. Berat jenis dan kadar lemak susu dapat menjadi tolak ukur dalam pembayaran harga jual susu bagi peternak. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian hubungan berat jenis dan kadar lemak susu terhadap harga jual susu. Penelitian ini dilaksanakan di Koperasi Peternakan Sapi Perah (KPSP) Setia Kawan Nongkojajar Pasuruan yang beralamat di Jalan Raya Wonosari Nongkojajar No.38, Pasar Baru, Wonosari, Tutur, Pasuruan, Jawa Timur mulai tanggal 1 Agustus sampai 30 November 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan berat jenis dan kadar lemak susu terhadap harga jual susu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa berat jenis dan kadar lemak susu memiliki hubungan yang erat dengan harga jual susu. Sebagian besar berat jenis susu milik peternak memenuhi standar yang ditetapkan oleh KPSP Setia Kawan yaitu 1,023 g/ml. Sedangkan, keseluruhan kadar lemak susu milik peternak memenuhi standar yang ditetapkan oleh KPSP Setia Kawan yaitu >3,0%. Naik turunnya berat jenis susu dipengaruhi oleh pemberian konsentrat terhadap ternak sapi perah. Setiap penurunan 1 g/ml berat jenis pada susu maka akan menurunkan harga susu sebanyak Rp164,045. Sedangkan, keseimbangan pemberian pakan dan hijauan berpengaruh terhadap naik dan turunnya kadar lemak susu. Setiap penurunan 1% pada kadar lemak susu maka akan menurunkan harga susu sebanyak Rp292,601. Kata Kunci : Berat Jenis, Harga Jual, Kadar Lemak, Susu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRukmi, Dyah LaksitoNIDN0019018803
Uncontrolled Keywords: Berat Jenis, Harga Jual, Kadar Lemak, Susu
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Muslim Muslim
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:46
Last Modified: 11 Apr 2023 02:47
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22069

Actions (login required)

View Item View Item