Aplikasi Pupuk Urea dan Pupuk Organik Cair terhadap Peningkatan Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pakcoy (Brassica rapa L.)

Muhammad Zayin, Sukri and Tri Rini, Kusparwanti and Refa, Firgiyanto and Hanif Fatur, Rohman and Gallyndra Fatkhu, Dinata and Fadil, Rohman and Ella Aulia, syahda (2022) Aplikasi Pupuk Urea dan Pupuk Organik Cair terhadap Peningkatan Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pakcoy (Brassica rapa L.). Agropross : National Conference Proceedings of Agriculture, 6. ISSN 2964-0172

[img] Text
6. Prosiding Agropros.pdf

Download (234kB)
[img] Text
6. Plagiarism Artikel Prosiding Agropros.pdf

Download (193kB)
Official URL: https://proceedings.polije.ac.id/index.php/agropro...

Abstract

Sawi pakcoy merupakan salah satu komoditas sayuran yang memiliki prospek pasar yang luas karena digemari oleh banyak masyarakat dari berbagai kalangan sehingga perlu dilakukan usaha peningkatan produksi. Salah satu usaha untuk meningkatkan produksi sawi adalah dengan intensifikasi pertanian melalui pemupukan baik dengan pupuk anorganik maupun pupuk organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian pupuk Urea dan Pupuk Organik Cair (POC) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pakcoy. Penelitian ini dilakukan di lahan Politeknik Negeri Jember pada bulan Maret 2016 sampai Mei 2017 menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial. Faktor pertama adalah persentase dosis pupuk urea rekomendasi yang terdiri atas 3 taraf, yaitu 50%, 75% dan 100%. Faktor kedua adalah konsentrasi POC yang terdiri atas 3 taraf, yaitu 0 ml/l, 2 ml/l dan 4 ml/l. Setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Data dianalisis menggunakan Anova dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Perlakuan pupuk urea dan POC menghasilkan interaksi dengan memberikan pengaruh yang sangat nyata pada parameter tinggi tanaman pengamatan 21 dan 28 hst., berpengaruh nyata pada 14 hst, tidak berpengaruh nyata pada bobot basah tanaman per sampel dan bobot basah tanaman per plot. Hasil terbaik adalah perlakuan R2U1 yaitu kombinasi POC 4 ml/l dan pupuk urea 50%.

Item Type: Article
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Publikasi
Depositing User: Mr Hanif Fatur Rohman
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:14
Last Modified: 04 Apr 2023 03:14
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21991

Actions (login required)

View Item View Item