Peningkatan pertumbuhan dan produksi bawang putih (Allium sativum L.) melalui aplikasi vernalisasi dan pemberian BAP (Benzil Amino Purin)

Siswadi, Edi and Putri, Sekar Utama and Firgiyanto, Refa and Putri, Clara Fajarsyah (2019) Peningkatan pertumbuhan dan produksi bawang putih (Allium sativum L.) melalui aplikasi vernalisasi dan pemberian BAP (Benzil Amino Purin). Agrovigor: Jurnal Agroekoteknologi, 12 (2). pp. 53-58.

[img] Text (Turnitin)
Peningkatan Pertumbuhan dan Produksi Bawang Putih (Allium sativum L.) melalui aplikasi Vernalisasi dan Pemberian BAP (Benzil Amino Purin).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
Peningkatan pertumbuhan dan produksi bawang putih (Allium sativum L.) melalui aplikasi vernalisasi dan pemberian BAP (Benzil Amino Purin).pdf

Download (86kB)

Abstract

Bawang putih (Allium sativum L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai pengunaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama vernalisasi dan konsentrasi BAP (Benzil Amino Purin) serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan produksi bawang putih (Allium sativum L.) varietas Lumbu Hijau. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Tanaman Politeknik Negeri Jember dan Di Desa Wonokerto Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo dengan ketinggian 1400 m dpl. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok Faktorial. Faktor pertama yaitu lima taraf vernalisasi (0, 2, 4, 6, dan 8 Minggu), sedangkan faktor kedua lima taraf konsentrasi (0, 50, 100, 150 dan 200 ppm). Variabel yang diamati pada percobaan ini meliputi jumlah daun, panjang daun, lebar daun, tinggi tanaman, diameter batang, diameter umbi, jumlah siung, berat basah, dan berat kering umbi. Hasil penelitian menunjukkan Pemberian perlakuan lama vernalisasi mampu meningkatkan pertumbuhan jumlah daun, panjang daun, lebar daun, tinggi tanaman, diameter batang, jumlah siung, berat basah, berat kering, dan diameter umbi, akan tetapi belum mampu meningkatkan lebar daun 6 MST. Waktu lama vernalisasi terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan produksi bawang putih diperoleh pada perlakuan 4 minggu dan 8 minggu. Pemberian perlakuan konsentrasi BAP (Benzil Amino Purin) serta interaksinya dengan lama vernalisasi masih belum mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bawang putih varietas Lumbu Hijau.

Item Type: Article
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Publikasi
Depositing User: Edi Siswadi
Date Deposited: 02 Apr 2023 14:45
Last Modified: 14 Jun 2023 09:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21913

Actions (login required)

View Item View Item