Strategi Pengembangan Usaha Mikro Tahu Olahan Produksi Bapak Yasin di Desa Kemirian Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso

Rahman, Mohammmad Aqbil Rizqur (2023) Strategi Pengembangan Usaha Mikro Tahu Olahan Produksi Bapak Yasin di Desa Kemirian Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (31kB)
[img] Text (Bab 1 Latar Belakang)
Bab 1 Latar Belakang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (94kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (34kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penetapan lokasi penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) yakni di RT 010/RW 003, Desa Kemirian, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha mikro olahan tahu produksi Bapak Yasin. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena bertujuan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan pengaruh lingkungan usaha baik internal maupun eksternal sekaligus menentukan strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan dengan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil analisis lingkungan internal dengan menggunakan matriks IFE, faktor kekuatan (Strengths) yang paling berpengaruh adalah memiliki tekstur tahu yang lembut dan kering dengan skor tertimbang 0,400, dan faktor kelemahan (Weaknesses) yang paling berpengaruh adalah ketergantungan menggunakan kedelai impor dengan skor tertimbang 0,089. Sedangkan pada hasil lingkungan eksternal melalui matriks EFE, faktor peluang (Opportunities) yang paling berpengaruh adalah sumber air yang melimpah dengan skor tertimbang 0,524 dan faktor ancaman (Threats) yang paling berpengaruh adalah harga bahan baku yang semakin tinggi dengan skor tertimbang 0,464. Alternatif strategi yang tertinggi meningkatkan pengetahuan tentang proses pengolahan tahu guna mengurangi ketergantungan kedelai impor dengan total nilai 7,117 dan alternatif strategi terendah yaitu memaksimalkan produksi dengan menerapkan SOP guna untuk menjaga loyalitas konsumen dengan total nilai 6,102.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDhamayanthi, WennyNIDN0004087102
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Tahu Olahan, SWOT, QSPM
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Mohammad Aqbil Rizqur Rahman
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:09
Last Modified: 04 Apr 2023 04:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21905

Actions (login required)

View Item View Item